Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Poco F6 Rilis di Indonesia, Harga mulai Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 04/07/2024, 12:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sub-merek produsen ponsel Xiaomi, Poco resmi meluncurkan smartphone terbarunya Poco F6 di pasar Indonesia, Kamis (4/7/2024).

Ponsel ini merupakan suksesor dari Poco F5 yang diboyong ke Tanah Air pada Juni 2023 lalu. Sebagai suksesor, Poco F6 membawa sejumlah peningkatan misalnya di sektor performa.

Beberapa fitur unggulan yang diusung Poco F6 antara lain WildBoost Optimization 3.0, sitem pendingin LiquidCool Technology 4.0, dan tentunya chip flagship Snapdragon 8s Gen 3.

"Fitur WildBoost Optimization 3.0 mampu men-deliver pengalaman terbaik untuk gamer garis keras," kata Jeksen selaku Product Marketing Manager Poco Indonesia, ci acara peluncuran Poco F6 yang dihadiri KompasTekno di Bengkel Space, Jakarta Selatan, Kamis (4/7/2024).

Smartphone ini ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 berfabrikasi 4 nm.

Baca juga: Kesan Pertama Menggenggam HP Poco F6

Chipset delapan inti (octa-core) ini mencakup satu inti Cortex-X4 dengan clockspeed 3 GHz, empat inti Cortex-A720 dengan clockspeed 2,8 GHz, tiga inti Cortex-A520 dengan clockspeed 2 GHz, serta unit pengolah grafis (GPU) Adreno 735.

Snapdragon 8s Gen 3 didukung kemampuan untuk menjalankan model kecerdasan buatan generatif (generative artificial intelligence/AI) untuk membuat konten teks serta gambar, fitur ray tracing yang membuat visual game makin realistis, dan masih banyak lagi.

HP POCO F6 dikenalkan Poco di Jakarta, Rabu (19/6/2024).KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi HP POCO F6 dikenalkan Poco di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

SoC Snapdragon 8s Gen 3 ini dipadankan dengan RAM LPDDR5X 8 GB/12 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 4.0 256 GB/512 GB. Dengan spesifikasi seperti ini, Poco F6 cocok digunakan untuk bermain game.

Poco F6 turut mendukung fitur bernama WildBoost Optimization 3.0 yang diklaim bisa membuat game berjalan lebih lancar, responsif, dan bebas lag. Hal ini dimungkinkan karena kinerja prosesor, kartu grafis, dan memori disesuaikan dengan kebutuhan game.

Terdapat juga sistem pendingin LiquidCool Technology 4.0, yang diklaim Poco mampu membuang panas dari komponen utama ponsel secara efektif melalui IceLoop System berukuran 4.800 mm persegi.

Baca juga: Review HP Poco F6 untuk Main Game: Rata Kanan, FPS Anti-ngedrop

"Ini adalah signature dari F Series Poco. Dengan sistem pendingin ini, penyebaran suhu bisa lebih merata, dan memaksimalkan kinerja dari prosesor," kata Jeksen.

Dengan begitu, suhu ponsel terjaga saat bermain game.

Poco F6 hadir dengan layar Flow AMOLED DotDisplay berbentang 6,67 inci, dengan resolusi 1,5K (2.712 x 1.220 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 2.400 nits, dan rasio layar ke bodi 94,27 persen.

Kotak penjualan Poco F6 mencakup satu unit ponsel Poco F6, casing ponsel, SIM card ejector, buku panduan penggunaan, kartu garansi, pembatas buku, stiker, kabel USB-C, serta adapter 90 Watt.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Kotak penjualan Poco F6 mencakup satu unit ponsel Poco F6, casing ponsel, SIM card ejector, buku panduan penggunaan, kartu garansi, pembatas buku, stiker, kabel USB-C, serta adapter 90 Watt.

Refresh rate yang tinggi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengguliran (scrolling) layar, berpindah dari satu jendela (tab) browser ke tab lain, dan bermain game dengan lebih mulus.

Di tengah atas layar Poco F6, ada sebuah modul lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie 20 MP (f/2.45).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com