Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bingung, Merek Dagang iPhone Dipakai Pihak Lain

Kompas.com - 03/07/2009, 11:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Siapa tak tahu iPhone? Tahu dong kalau pemilik merek dagang itu adalah Apple? Namun tidak di Cina. Di negara Panda itu, merek dagang iPhone adalah milik Hanwang Technology.

Merek dagang Apple bukannya tidak terdaftar di Cina, tetapi rupanya merek dagang Apple hanya sebatas produk software dan hardware komputer, sesuai dengan apa yang didaftarkan perusahaan paman Sam itu pada tahun 2002. Produk ponsel tidak tercakup dalam pendaftaran tersebut. Karena tidak terdaftar sebagai pemegang merek, Apple pun kesulitan untuk memasarkan iPhone besutannya secara resmi di Cina.

Negosiasi alot pun terus dilakukan dengan China Unicom untuk memasukkan iPhone ke Cina., Apple ingin agar iPhone mulai dijual di Cina pada akhir tahun ini. Namun pihak Hanwang yang saat ini memegang merek dagang iPhone mengaku belum diajak bicara secara resmi. Menurut mereka, untuk menjual iPhone di Cina, Apple harus mencapai kesepakatan dengan Hanwang, atau meminta kantor merek dagang untuk mencabut merek dagang yang dipegang oleh Hanwang.

Hmm, sebenarnya siapa Hanwang? Hanwang Technology – yang juga dikenal sebagai Hanvon – bukanlah nama tak dikenal di Cina. Hanwang adalah pembuat perangkat elektronik dan sistem pengenalan tulisan tangan (handwriting recognition) Cina.

Di Cina, kendati belum resmi dipasarkan oleh Apple, iPhone sudah sangat populer. Ada lebih dari 1 juta unit iPhone terjual di sana, demikian perkiraan lembaga konsultasi Ovum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com