Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "Wuthering Waves" Rilis di PC dan Mobile, Bisa Dimainkan Gratis

Kompas.com - 23/05/2024, 14:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Developer game asal China, Kuro Games resmi meluncurkan permainan role-playing game (RPG) Wuthering Waves hari Kamis ini (23/5/2024).

Game dunia terbuka (open-world) yang mirip Genshin Impact ini dapat dimainkan gratis di platform PC (lewat situs resmi atau Epic Games) dan mobile (iOS, Android).

Wuthering Waves disebut mirip Genshin Impact karena sama-sama merupakan game gratis yang mengusung genre RPG, open-world, sistem undian (gacha), sistem multiplayer, dan sistem menggunakan beberapa karakter dalam pertempuran (combat).

Game yang dibesut developer Punishing: Gray Raven ini bercerita dengan dunia pasca-apokaliptik (post-apocalypse), yang mana sebagian umat manusia dimusnahkan oleh bencana Lament. Bencana ini memunculkan berbagai monster berbahaya yang mematikan.

Baca juga: Sama-sama Game Open World, Ini Bedanya Game Tower of Fantasy dan Genshin Impact

Pengguna nantinya bakal bermain sebagai Rover, seorang Resonator yang kehilangan ingatannya. Resonator itu sendiri adalah individu yang memiliki kemampuan (skill) untuk memanipulasi frekuensi dari objek tertentu.

Totalnya ada 18 Resonator alias karakter di Wuthering Waves, mulai dari Rover, Encore, Calcharo, hingga Jiyan. Resonator ini memiliki tingkat kelangkaannya sendiri, yakni bintang lima dan bintang empat. Seperti Genshin Impact, bintang lima mencakup karakter terlangka.

Dunia Wuthering Waves yang terbuka (open-world)IGN Dunia Wuthering Waves yang terbuka (open-world)
Resonator memiliki elemen (attribute) dan senjata (weapon) masing-masing. Elemen dibagi menjadi Fusion, Glacio, Aero, Electro, Spectro, dan Havoc, sedangkan senjata dibagi menjadi Sword, Broadblade, Gauntlet, Pistols, dan Rectifier.

Resonator dan senjata dapat diperoleh lewat sistem undian alias gacha di game bernama Convene. Gacha di Wuthering Waves juga mirip seperti Genshin Impact karena mempunyai mekanisme Pity.

Pity adalah mekanisme yang memungkinkan pengguna mendapatkan karakter atau senjata bintang lima setelah gacha sejumlah kali. Artinya, pengguna yang tidak beruntung pun lama-kelamaan akan mendapatkan karakter atau senjata yang diinginkan.

Baca juga: Game Open-world Wuthering Waves Sudah Bisa Di-download, File Lebih Kecil dari Genshin Impact

Untuk gameplay, Wuthering Waves menghadirkan combat dengan tempo cepat yang mencakup berbagai kombo di daratan, kombo di udara, menangkis serangan musuh (parry), menghindari (dodge) serangan, dan lain sebagainya.

Hadirnya mekanisme menangkis dan menghindar ini memiliki arti bahwa pengguna mesti mempelajari pola gerakan serta serangan musuh.

Dalam combat, pemain akan menggunakan tiga karakter, berbeda dari Genshin Impact yang menggunakan empat karakter.

Saat bertempur, pengguna bisa memakai Echoes, yakni mekanisme yang memungkinkan pengguna berubah jadi monster. Echoes bisa dipakai apabila pengguna sudah menumpaskan musuh yang ingin digunakan.

Wuthering Waves memiliki sistem multiplayer yang memungkinkan pengguna dan teman-temannya untuk menelusuri dunia hancur yang terbuka serta melawan musuh dan bos yang tangguh.

Link download Wuthering Waves

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com