Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palangkaraya Jadi Kota Broadband

Kompas.com - 04/10/2010, 13:24 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Palangkaraya ditetapkan Telkomsel sebagai kota broadband ke-25 setelah infrastruktur jaringan seluler di daerah tersebut ditingkatkan dari HSDPA (high speed downlink packet access) menjadi HSPA+ yang mampu memberikan akses data hingga kecepatan 21 Mbps. Pencanangan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang pada Jumat (1/10/2010) malam lalu bersama Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno.

"Palangkaraya sengaja kita tambahkan dalam pencanangan kota broadband. Sebenarnya saat mencanangkan pertama kali, cuma ada 24 kota. Jadi ini bisa dikatakan bonus," ujar Sarwoto Atmosutarno, Direktur Utama Telkomsel di Palangkaraya. Sebelumnya, sudah ada 24 kota broadband yakni Banda Aceh, Medan, Padang, Batam, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jabotabek, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Solo, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Mataram, Manado, dan Makassar.

Menurut Sarwoto, pencanangan Palangkaraya sebagai kota broadband memang mengejutkan setelah pasar seluler di Kalimantan tumbuh sangat pesat. Ia mengatakan, area regional Kalimantan memiliki tren pertumbuhan pelanggan broadband maupun trafik nomor dua setelah Jabotabek.

Jumlah pengguna seluler di Kalimantan Tengah saat ini tergolong paling unik di Indonesia. Sebab, jumlah pelanggan yang tercatat mencapai angka 14,5 juta, sementara jumlah penduduknya baru 14 juta. Hal tersebut menunjukkan tingkat penetrasi layanan seluler yang sangat tinggi di provinsi termuda di Pulau Kalimantan itu. Di Kalimantan Tengah, pelanggan Telkomsel mencapai sekitar 9,5 juta dari 14,5 juta pelanggan yang tercatat saat ini.

Hadirnya layanan broadband di Palangkaraya tak lepas dari wacana menjadikan Palangkaraya sebagai ibukota negara. Infrastruktur telekounikasi merupakan salah satu sarana penting untuk mendukung kesiapan tersebut kalau sewaktu-waktu benar Palangkaraya dipilih sebagai ibukota pemerintahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com