Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Deepfake Rihanna dan Katy Perry Hadiri Met Gala 2024 Viral di X Twitter

Kompas.com - 08/05/2024, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dua musisi papan atas dunia, Rihanna dan Katy Perry menjadi korban deepfake atau manipulasi foto menggunakan teknologi AI.

Foto rekayasa keduanya viral di platform microblogging X (dulu Twitter). Foto itu menampilkan Rihanna dan Katy Perry mengenakan gaun nan unik dan glamor dengan latar belakang yang dinarasikan sebagai karpet merah Met Gala 2024.

Adapun Met Gala merupakan acara amal tahunan untuk industri fesyen, di mana setiap tahunnya, puluhan selebriti, politikus, pengusaha, dan tokoh-tokoh berpengaruh, berlenggak-lenggok di karpet merah Metropolitan Museum of Art in New York City atau yang dikenal dengan sebutan "Met".

Mereka umumnya mengenakan busana glamor, mentereng, dan unik rancangan para desainer kelas dunia. Nah, foto deepfake Rihanna dan Katy Perry pun ditampilkan sedemikian rupa.

Baca juga: Bos TikTok Tampil Glamor di Met Gala 2024, Jadi Tuan Rumah Kehormatan di Tengah Ancaman Pemblokiran

Foto deepfake Rihanna, yang dibagikan akun X dengan handle @tereluprados, menampilkan sosoknya yang dibalut dengan gaun putih unik bermotif akar tumbuhan.

Tampilan gaun Rihanna ada elemen "tumbuhan" karena tema Met Gala 2024 meliputi isu lingkungan hijau yang dijuluki "Gardens of Time".

Sedangkan foto Katy Perry, yang diunggah oleh akun X dengan handle @jxries, memperlihatkan sosok musisi itu yang tengah mengenakan gaun berwarna putih krem super panjang. Motif di gaun tersebut adalah tumbuhan dan dedaunan.

Selain foto ini, ada pula foto Katy Perry lainnya (foto kedua) yang tengah mengenakan baju besi berwarna emas dengan rok bermotif dedaunan. Foto ini diunggah akun X dengan handle @wanthatoo.

Saat berita ini ditulis, foto Rihanna tadi sudah dilihat oleh 3,9 juta kali dengan 102.000 likes dan 18.000 kali repost.

Foto Katy Perry pertama sudah dilihat 12 juta kali dengan total 313.000 likes dan 69.000 repost, dan foto Katy Perry kedua sudah dilihat 3,7 juta kali dengan 113.000 likes dan 15.000 repost. 

Dengan kata lain, banyak orang yang membagikan dan membicarakan foto deepfake Rihanna dan Katy Perry ini di X. Sebagian dari mereka terkecoh, boleh jadi karena gaun yang dikenakan sangat unik dan sesuai tema acara.  

Namun, ada pula yang menyadari bahwa foto keduanya hanya rekayasa semata. Informasi kepalsuan foto-foto Rihanna dan Katy Perry di Met Gala 2024 juga dituliskan di kolom Readers' Context yang ada di bagian bawah masing-masing unggahan yang menampilkan foto palsu tadi. 

Dalam kolom tersebut, komunitas di X menganggap foto-foto yang ramai diperbincangkan ini merupakan foto palsu alias deepfake.

Rihanna menghadiri Met Gala 2023 yang diselenggarakan di The Metropolitan Museum of Art, New York City, pada Senin (1/5/2023). Rihanna menghadiri Met Gala 2023 yang diselenggarakan di The Metropolitan Museum of Art, New York City, pada Senin (1/5/2023).

Selain informasi terkait keaslian foto, kolom ini juga menyematkan sebuah sumber berita berupa tautan (link), guna meyakinkan kepada para pengguna X lainnya bahwa foto tersebut memang palsu dan kebenarannya tak bisa dipercaya.

Baca juga: Tool AI Baru Microsoft Bisa Bikin Video Deepfake Hanya dari Foto

Tidak bisa dipastikan siapa yang membuat foto-foto deepfake tersebut. Belum dapat diketahui pula apakah foto-foto musisi mancanegara itu dibuat menggunakan AI atau software edit foto lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com