Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pixel 8A Meluncur, Ponsel "Murah" Google dengan Layar 120 Hz

Kompas.com - 08/05/2024, 11:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Raksasa teknologi mesin pencari (search engine) Google tampaknya tetap mempertahankan lini ponsel Android "murah" mereka yang memiliki embel-embel "A". 

Pasalnya, setahun setelah Pixel 7A dirilis pada Mei tahun lalu, Google diam-diam resmi meluncurkan suksesor perangkat tersebut, yaitu Pixel 8A di pasar global. 

Secara tampilan, Pixel 8A hadir dengan desain yang lebh segar, di mana keempat sisi ujung ponsel tersebut kini membulat (curved), tidak menyiku (squared) seperti Pixel 7A.

Kemudian, layar Pixel 8A juga kini lebih "ngebut" lantaran memiliki refresh rate hingga 120 Hz, meningkat dari 90 Hz di Pixel 7A, serta lebih terang dengan tingkat kecerahan (brightness) 2.000 nit (Pixel 7A punya brightness sekitar 1.000 nit).

Baca juga: Demi AI, Google Gabungkan Divisi Android, Chrome, dan Pixel

Meski demikian, ukuran dan resolusi layar Pixel 8A tetap sama dengan Pixel 7A, yaitu 6,1 inci dan Full HD Plus. 

Selain desain dan layar, Pixel 8A juga hadir dengan chipset yang "mengotaki" Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, yaitu Tensor G3.

Chipset dengan fabrikasi 4 nanometer tersebut memiliki prosesor (CPU) 9 inti (core) dengan kecepatan clock maksimal 3,0 GHz, serta pengolah grafis (GPU) Immortalis-G715s MC10.

Baterai Pixel 8A juga sedikit lebih besar dibanding Pixel 7A yang memiliki kapasitas 4.385 mAh, yaitu dengan kapasitas 4.492 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, Google mengeklaim ponsel bisa tahan lama dalam pemakaian normal lebih dari 24 jam. 

Jika habis, baterai bisa diisi dengan dukungan teknologi pengisian cepat via kabel berdaya 18 watt, atau nirkabel via Qi Wireless Charging dengan daya 7,5 watt.

Ilustrasi empat varian warna Google Pixel 8A.GSMArena Ilustrasi empat varian warna Google Pixel 8A.

Beralih ke aspek kamera, Pixel 8A dibekali dua kamera ganda yang masing-masing beresolusi 64 MP (f/1.9) dan 13 MP (f/2.2, ultrawide). Di bagian depan, terdapat kamera 13 MP (f/2.2) untuk mendukung kegiatan swafoto. 

Baca juga: Bos Google Pamer Foto Gerhana Matahari Pakai HP Pixel, Sebagus Apa?

Fitur pendukung fotografi yang ada di ponsel ini mencakup perekaman video 4K 60 fps, Astrophotography Timelapse, 240 fps Slow Motion, Magic Editor, Magic Eraser, Best Take, Photo Unblur, Face Unblur, Real Tone, Top Shot, Live HDR Plus, hingga Ultra HDR. 

Pada aspek software, sebagai ponsel buatan Google, Pixel 8A tentunya hadir dengan beragam fitur eksklusif ala ponsel Pixel, termasuk beberapa fitur AI terbaru. Beberapa di antaranya seperti Circle to Search, Pixel Call Assist, Audio Emoji, hingga chatbot Gemini.

Ponsel ini juga menjalankan sistem operasi (OS) Android 14, dan akan mendapatkan jaminan pembaruan OS, keamanan, dan fitur baru (Feature Drops) hingga tujuh tahun ke depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (8/5/2024). 

Di pasar AS, Pixel 8A hadir dengan empat varian warna, yaitu Bay, Aloe, Porcelain, dan Obisidian. Ponsel tersebut dijual dengan harga sebagai berikut: 

  • Pixel 8A 128 GB: 499 dollar AS (sekitar Rp 8 juta)
  • Pixel 8A 256 GB: 559 dollar AS (sekitar Rp 9 juta)

Belum ada informasi apakah Pixel 8A akan diluncurkan di Indonesia atau tidak. Sejauh ini, belum pernah ada ponsel Google Pixel yang dirilis secara resmi di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com