Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Magic Keyboard Baru, Lebih Tipis dan Ringan

Kompas.com - 08/05/2024, 15:03 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan papan ketik Magic Keyboard generasi baru di acara Apple Event "Let Loose", yang digelar secara daring, Selasa (7/6/2024).

Magic Keyboard datang dengan berbagai peningkatan fitur dan desain baru. Perubahan paling signifikan terlihat pada bagian bodi. Magic Keyboard teranyar Apple ini dirancang dengan bodi lebih tipis, ringan, sekaligus diklaim lebih kokoh.

Dalam acara peluncuran, Apple menyebut Magic Keyboard tetap mempertahankan model floating khasnya, tetapi memangkas bobot dari aksesori.

Model floating yang dimaksud adalah adanya penyangga di Magic Keyboard yang membuat iPad akan tampak melayang ketika mengenakan Magic Keyboard.

Ilustrasi model floating pada Magic KeyboardYouTube/Apple Ilustrasi model floating pada Magic Keyboard

Magic Keyboard juga masih mempertahankan mekanisme engsel ganda jenis kantilever. Engsel ini terletak di ujung kanan dan kiri keyboard bagian belakang. Mekansime engsel ganda ini membuat pengguna lebih leluasa mengatur sudut layar iPad ketika digunakan.

Baca juga: iPad Pro 2024 Meluncur, Tablet Apple Paling Tipis dan Pakai Chip M4

Papan ketik bikinan Apple ini pun sudah menggunakan sasis alumunium sebagai palmrest untuk bantalan saat mengetik. Sebelumnya, bahan yang digunakan adalah plastik. 

Ukuran trackpad juga dibuat lebih besar, menyerupai trackpad Macbook. Trackpad keyboard dilengkapi teknologi haptic feedback. Teknologi yang dapat menghasilkan sensasi getaran untuk merespons tekanan. Mirip seperti tombol Home di iPhone 8.

Trackpad di Magic Keyboard yang kini dilengkapi teknologi haptic feedbackYouTube/Apple Trackpad di Magic Keyboard yang kini dilengkapi teknologi haptic feedback

Sayangnya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Rabu (8/5/2024), Magic Keyboard generasi baru ini hanya dirancang khusus dan kompatibel untuk iPad Pro 2024.

Belum tersedia untuk iPad Air 2024 yang juga dirilis Apple, ataupun iPad Pro dari generasi sebelumnya.

Magic Keyboard akan tersedia dalam dua ukuran, yakni 11 inci dan 13 inci menyesuaikan model iPad Pro 2024 series. Opsi warnanya ada dua, yakni hitam dan silver (abu-abu muda).

Fitur baru lain yang hadir di Magic Keyboard generasi baru adalah munculnya function row di Magic Keyboard. Function row atau tombol fungsi ini memungkinkan pengguna mengakses pintasan (shortcut) hanya lewat satu tombol. 

Function row button yang dihadirkan ke Apple Magic Keyboard terbaruYouTube/Apple Function row button yang dihadirkan ke Apple Magic Keyboard terbaru

Sebagai gambaran, pengguna iPad gen sebelumnya yang ingin mengatur tingkat kecerahan layar, harus mengakses Control Center di iPad. Sementara itu, di iPad Pro yang baru, pengguna hanya perlu menekan tombol “Brightness” yang punya ikon matahari di keyboard.

Tombol fungsi ini terdiri dari 13 tombol. Urutan tombol tersebut dari kiri ke kanan terdiri dari dua tombol pengatur tingkat kecerahan layar, Launchpad, Search, Microphone, mode Do Not Disturb (DnD), Backward, Pause/Play, Forward, tombol Silent, dua tombol pengatur volume, dan Lock Screen.

Baca juga: Tablet Apple iPad Air 2024 Meluncur, Ada Model Layar 13 Inci dan Pakai Chip M2

Hadirnya 13 tombol fungsi tersebut niscaya memudahkan pengguna mengakses berbagai macam pengaturan dengan lebih efisien dan efektif. Wajar saja, Apple mengeklaim peluncuran Magic Keyboard baru ini akan membuat iPad Pro 2024 series semakin mirip dengan jajaran laptop MacBook.

Ilustrasi iPad Pro 2024 yang menggunakan Magic Keyboard terbaruYouTube/Apple Ilustrasi iPad Pro 2024 yang menggunakan Magic Keyboard terbaru

Sebab, secara tampilan, aksesoris keyboard ini menghadirkan seluruh tombol yang ada di keyboard Macbook. Hanya saja, ukurannya sedikit lebih ringkas ketimbang di laptop.

Magic Keyboard khusus iPad Pro ini juga dilengkapi port USB-C untuk pengisian daya, sama seperti generasi sebelumnya. Wujud Magic Keyboard dari segala sisi bisa disimak dalam posting video berikut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Banderol harganya dimulai dari 299 dollar AS (Rp 4,8 juta) untuk model 11 inci dan 349 dollar AS  (Rp 5,6 juta) untuk varian 13 inci.

Magic Keyboard ini sudah bisa dipesan secara online di situs resmi Apple.com. Ketersediaannya untuk saat ini masih terbatas di wilayah Amerika Serikat (AS) saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com