Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gereja di AS Sahkan Pengakuan Dosa di Depan iPhone

Kompas.com - 09/02/2011, 16:22 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Di tengah derasnya arus teknologi digital saat ini, ibadah pun bisa dilakukan secara instan di mana saja. Contohnya, para pemeluk Katolik kini bisa melakukan prosesi pengakuan dosa lewat iPad, iPhone, atau iPod.

Sebuah pengembang aplikasi di Amerika Serikat telah mengembangkan aplikasi bernama Confession: A Roman Catholic App untuk kebutuhan tersebut. Penggunanya bisa membuat profil pribadi, melihat panduan melakukan sakramen, dan menulis daftar penyesalan. Data tersebut diproteksi dengan kata sandi (password) sehingga tak akan mudah dilihat orang lain.

"Terinspirasi pesan Paus Benediktus XVI dalam World Communications Address tahun lalu, tujuan kami dalam proyek ini adalah menyediakan aplikasi digital yang menjadi media baru dalam pelayanan doa," ujar Patrick Leinen, pengembang aplikasi ini dari Little iApps. Saat itu Paus menekankan agar teknologi baru digunakan untuk tujuan yang baik.

Ia mengatakan, pengembangan aplikasi tersebut sudah atas persetujuan dan dukungan gereja. Kontennya dikembangkan bersama Rev Thomas G Weinardy OFM, Direktur Eksekutif Sekretariat Doktrin dan Praktik Pastoral di Amerika Serikat (AS) dan Rev Dan Schdeit, pastor Gereja Katolik Queen of Peace di Mishikawa, Indiana, AS. Aplikasi tersebut juga sudah mendapat izin dari Uskup Kevin Rhoades dari Fort Wayne-South Bend.

Aplikasi tersebut dapat dipakai para pengguna iPad, iPhone, dan iPod Touch. Namun, aplikasi tersebut tidak gratis. Anda harus menyiapkan 1,99 dollar AS untuk bisa mengunduhnya dari iTunes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com