Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Hadir di Smartphone Flagship, Apa Itu Konektivitas Satelit?

Kompas.com - 01/05/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Banyak smartphone unggulan alias flagship dari berbagai pabrikan yang saat ini telah dibekali dengan fitur konektivitas satelit. Fitur konektivitas satelit di smartphone digandang dapat membuat pengguna tetap bisa berkomunikasi meski di situasi genting.

Lantas, apa itu konektivitas satelit yang sekarang banyak dipakai smartphone flagship? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai konektivitas satelit yang marak tersedia di smartphone flagship.

Baca juga: Apa Itu HP Boba? Begini Penjelasan dan Contohnya

Apa itu konektivitas satelit di smartphone?

Untuk diketahui, konektivitas satelit dulu hadir di HP (handphone) khusus yang biasa disebut juga dengan “satelite phone” atau “satphone”. HP satelit berbeda dengan telepon yang berbasis konektivitas seluler atau ponsel.

Perbedaan mendasar antara HP satelit dan ponsel adalah bagaimana sinyal ditransmisikan ke perangkat. Sebagaimana cukup umum diketahui, untuk bisa berkomunikasi, ponsel terhubung dengan menara seluler.

Semakin dekat dengan menara seluler, ponsel bakal mendapatkan jaringan atau sinyal yang lebih baik. Sementara itu, jika tidak ada menara seluler di sekitar atau sangat jauh dari tempat pengguna berada, ponsel tidak akan mendapatkan sinyal.

Baca juga: Apa Itu Kamera Periskop di Smartphone dan Cara Kerjanya

Ponsel sangat bergantung dengan keberadaan menara seluler. Permasalahan dari ketergantungan itu adalah ketika pengguna berada di lokasi yang jauh dari menara seluler, tetapi tetap membutuhkan untuk berkomunikasi.

Dari permasalahan itu, HP satelit dapat membantu pengguna untuk tetap bisa berkomunikasi di situasi genting. Untuk bisa berkomunikasi, HP satelit menggunakan koneksi jaringan yang dipancarkan dari satelit yang mengorbit di atas bumi.

Dengan koneksi satelit itu, HP dapat memperoleh sinyal lebih mudah ketimbang ponsel yang bergantung dengan keberadaan menara seluler. Kini, fitur pada HP satelit itu telah diadaptasi dan digabungkan di smartphone yang notabene merupakan perangkat seluler.

Smartphone dengan konektivitas satelit dapat mengakses sinyal yang ditransmisikan dari satelit. Dengan dukungan konektivitas satelit, smartphone dapat dipakai untuk berkomunikasi meski pengguna berada di situasi genting, yang tidak memungkinkan mengakses jaringan seluler.

Misalnya, pengguna berada di tengah hutan, di tengah laut, atau tersesat di tempat terpencil. Di situasi tersebut, konektivitas satelit pada smartphone dapat dipakai untuk membuat komunikasi darurat dan panggilan SOS.

Itulah penjelasan mengenai konektivitas satelit di smartphone. Lantas, sebenarnya apa saja smartphone yang telah dibekali konektivitas satelit? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Contoh smartphone dengan konektivitas satelit

Sebagaimana disebutkan di awal, saat ini, ada banyak smartphone flagship yang telah dibekali dengan fitur konektivitas satelit, sehingga dapat dipakai untuk membuat komunikasi darurat dan panggilan SOS di situasi genting.

Salah satu contoh smartphone dengan konektivitas satelit yang cukup populer saat ini adalah iPhone dari Apple. iPhone pertama kali dengan konektivitas satelit hadir di iPhone 14 series dan berlanjut di iPhone 15 series.

Ilustrasi fitur konektivitas satelit iPhone 14Apple Ilustrasi fitur konektivitas satelit iPhone 14

Fitur konektivitas satelit di iPhone memungkinkan pengguna untuk membuat komunikasi darurat atau SOS. Akan tetapi, komunikasi SOS dari fitur konektivitas satelit di iPhone hanya bisa berjalan satu arah. Pengguna tak bisa menerima respons dari komunikasi yang terkirim.

Meski demikian, fitur konektivitas satelit di iPhone menjadi layanan pertama yang dapat diakses oleh pengguna umum secara massal. Kemudian, dalam perlombaaan menghadirkan konektivitas satelit di smartphone, Samsung tak ingin ketinggalan.

Samsung memiliki chip Exynos 5300 yang memungkinkan pengguna mengakses komunikasi dua dari jaringan satelit. Namun, sayangnya fitur ini belum diimplementasikan di smartphone Samsung, termasuk smartphone terbarunya, yaitu Galaxy S24 series.

Untuk saat ini, contoh smartphone dengan konektivitas satelit yang mampu memuat komunikasi atua pesan dua arah adalah Motorola Defy 2. Ini adalah smartphone tangguh dengan fitur pesan dua arah berbasis satelit nama Bullitt Satellite Messenger.

ilustrasi Motorola Defy 2GSMArena ilustrasi Motorola Defy 2

Baca juga: Apa Itu Recovery Mode di HP Android? Begini Penjelasan dan Cara Masuknya

Itulah beberapa contoh smartphone yang telah dibekali dengan konektivitas satelit. Pengguna konektivitas satelit di masa sekarang masih cukup terbatas. Smartphone dengan fitur ini bakal cocok dipakai pengguna yang berada atau suka menjelajah di daerah terpencil.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com