Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan WhatsApp iPhone Mendadak Jadi Hijau Mirip Android, Ada Apa?

Kompas.com - 29/04/2024, 11:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tampilan WhatsApp iPhone beberapa waktu belakangan ini mendadak berubah menjadi didominasi warna hijau. Tampilan WhatsApp hijau di iPhone itu membuatnya menjadi mirip dengan yang terdapat pada WhatsApp Android.

Untuk diketahui, sebelum berubah menjadi hijau mirip di WhatsApp Android, tampilan WhatsApp iPhone didominasi dengan warna biru. Adapun perbandingan tampilan WhatsApp hijau dan biru di iPhone bisa dilihat di bawah ini.

Baca juga: Tampilan Baru WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Apa Fungsinya?

Tampilan WhatsApp iPhone lama berwarna biru

Sebagaimana dijelaskan di atas, tampilan WhatsApp iPhone yang lama didominasi dengan warna biru. Warna biru itu muncul di semua tombol dan fitur pada tampilan WhatsApp iPhone yang lama.

Beberapa tombol dan fitur yang berwarna biru di WhatsApp iPhone lama itu seperti tombol pembuatan chat baru dan tombol kamera . Kemudian, warna biru juga terdapat pada tanda jumlah pesan belum dibaca yang terdapat di daftar tiap chat.

Selain itu, warna biru di tampilan WhatsApp iPhone lama juga muncul pada garis di tiap status. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat tampilan WhatsApp iPhone lama yang didominasi warna biru pada gambar di bawah ini.

Tampilan WhatsApp iPhone lama yang didominasi warna biru.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan WhatsApp iPhone lama yang didominasi warna biru.

Tampilan WhatsApp hijau di iPhone yang mirip Android

Sementara itu, berbeda dengan gambar di atas, tampilan WhatsApp iPhone yang terkini tidak lagi didominasi warna biru, melainkan warna hijau seperti di Android. Beberapa tombol yang semula berwarna biru kini menjadi hijau di tampilan WhatsApp iPhone.

Tombol pembuatan chat baru dan tombol kamera di tampilan WhatsApp iPhone sekarang telah berubah menjadi warna hijau. Tanda jumlah pesan belum dibaca yang dulu biru sekarang juga berubah menjadi hijau seperti di Android.

Selain itu, warna hijau di tampilan WhatsApp iPhone turut muncul pula pada garis di tiap status. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat tampilan WhatsApp hijau di iPhone yang menjadi mirip Android pada gambar di bawah ini.

Tampilan WhatsApp iPhone terkini yang berubah jadi hijau seperti di Android.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan WhatsApp iPhone terkini yang berubah jadi hijau seperti di Android.

Dari kedua gambar yang berbeda tersebut, lantas kenapa tampilan WhatsApp iPhone sekarang berubah menjadi hijau mirip Android? Jika tertarik mengetahuinya, berikut adalah alasan munculnya tampilan WhatsApp hijau di iPhone.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp atau “No Valid QR Code Detected”

Alasan tampilan WhatsApp hijau di iPhone

WhatsApp belakangan ini aktif melakukan perompakan tampilan pada aplikasinya, baik di aplikasi versi Android maupun iOS. Perubahan tampilan WhatsApp iPhone menjadi hijau itu merupakan salah satu bagian dari perombakan ini.

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, perusahan menjelaskan telah melakukan perombakan pada tampilan WhatsApp, yang meliputi perubahan penempatan, warna, ikon, dan lainnya.
Perubahan ini ditujukan untuk membuat WhatsApp lebih mudah diakses dan digunakan.

“Perubahan ini menghadirkan pengalaman baru dan modern pada WhatsApp serta menjadikannya lebih mudah diakses dan digunakan,” kata pihak WhatsApp, sebagaimana dikutip dari laman resmi WhatsApp, Senin (29/4/2024).

Di iPhone, perubahan tampilan WhatsApp menyasar beberapa bagian, termasuk warna pada tombol dan fitur-fiturnya yang kini berubah menjadi hijau. Pihak WhatsApp mengatakan perubahan warna jadi hijau itu agar sesuai dengan warna merek perusahaan.

Selain warna, ada beberapa perubahan tampilan WhatsApp iPhone yang lain ecara keseluruhan, perubahan tampilan WhatsApp di iPhone meliputi:

  • Warna: Warna tampilan WhatsApp di iPhone berubah dari biru menjadi hijau.
  • Ikon dan tombol: Beberapa ikon dan tombol di WhatsApp iPhone akan terlihat berbeda, termasuk bentuk dan warnanya.
  • Penempatan: Beberapa bagian WhatsApp lebih renggang dibandingkan sebelumnya.

Perubahan inilah yang mendasari tampilan WhatsApp iPhone menjadi hijau mirip Android. Tampilan WhatsApp hijau di iPhone tampaknya masih digelontorkan secara bertahap ke semua pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com