Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Voice Terus Merosot, Tambah Hotspot

Kompas.com - 02/11/2011, 18:31 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Pengguna layanan telepon seluler terus menampakkan gejala perubahan perilaku, ditunjukkan oleh terus merosotnya penggunaan telepon untuk suara, dan sebaliknya penggunaan lalu lintas data meningkat.

Itu yang diakui sebagai latar belakang keputusan bisnis TelkomFlexi, anak usaha PT Telekkomunikasi Indonesia, Tbk yang semula mengandalkan layanan suara kini kian mengalihkan layananannya pada komunikasi data.

"Saat ini untuk Jawa Timur masih berkisar 60 titik, sebanyak 60 persennya berada di Surabaya, dan akan kami tambah 100 titik lagi sampai akhir 2011," kata General Manager Network Service Divisi TelkomFlexi Jatim, Bali, Nusra, Ketut Budi Utama dalam siaran pers yang diterima, Rabu (2/11/2011).

Ketut mengaku melihat peluang yang sangat bagus dalam memberikan edukasi pasar secara benar tentang manfaat internet kecepatan tinggi yang sebenarnya.

Pengguna jaringan internet kecepatan tinggi TelkomFlexi sebagian besar adalah mahasiswa dan para professional, yang benar-benar memanfaatkan internet untuk mengunduh atau meng-upload file besar, seperti melakukan *video call, video streaming*, *download *dan akses Youtube serta tentunya mengakses berita-berita serta *video chatting*.

"Jadi bukan sekedar untuk komunikasi jejaring sosial saja. Kalau untuk tujuan itu saja, pakai kecepatan rendah juga bisa," tambahnya.

Ketut menjelaskan, sejak mulai dibangun pada bulan Mei 2011, pertambahan user FlexiNet di area hotspot / WiFi menunjukkan kenaikan yang signifikan. "Rata-rata pertumbuhannya mencapai 40 persen per titik, namun September ke Oktober ini bahkan mencapai 2 kali lipat atau naik 100 persen," tambah Ketut.

Angka ini cukup menggembirakan karena. Ketut dan manajemen TelkomFlexi yakin ekspansi bisnis Flexi ini telah mengarah pada jalur yang tepat (*on the right track*), atau sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

"Tahun 2012 nanti, kami berencana membangun 2000 an lagi titik hotspot/ iFi FlexiNet di seluruh Indonesia untuk mengakomodasi kebutuhan pasar yang makin tinggi dalam mendapatkan akses internet cepat dimana saja dan kapan saja," ia menambahkan.

Sinergi layanan ditunjukkan dengan pemanfaatan jaringan akses Speedy yang handal dan berkecepatan tinggi untuk menyalurkan data di lokasi-lokasi FlexiNet hotspot. "Inilah sinergi yang ada di Telkom dan tidak dimiliki oleh operator lain," tambah Ketut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com