Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Online" 11 Jam dari Rumah, Orang Indonesia Gemar Cari Hiburan

Kompas.com - 26/06/2012, 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengguna internet di Indonesia dikatakan menghabiskan waktu hingga 11 jam untuk online dari rumah. Selama online, mereka gemar mencari hiburan ringan.

Demikian dua hal yang bisa disimpulkan dari survei tahunan yang digelar bersama Yahoo dan lembaga riset TNS untuk pengguna di Indonesia.

Technical Advisor TNS Indonesia, Hansal Savla, menjelaskan bahwa masyarakat mengonsumsi media internet karena lebih menginginkan konten hiburan.

"Ini bukan karena media lain yang tidak memberikan konten menarik. Tapi pengguna internet cenderung mencari konten yang disajikan dengan format menghibur," kata Savla di acara Evolving Digital Landscape Indonesia, di kantor Yahoo Indonesia, Sentral Senayan, Jakarta, Selasa (26/6/2012).

Hasil survei itu menunjukkan, masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktu untuk terhubung ke internet di rumah. Frekuensinya mencapai rata-rata 11 jam per minggu.

Menyusul kemudian, terhubung lewat ponsel (10 jam per minggu), di tempat kerja (10 jam per minggu), dan dengan laptop di area hotspot (8 jam per minggu).

Dari sisi konten, pertumbuhan tertinggi konten yang dicari oleh masyarakat Indonesia adalah hiburan dan selebriti (meningkat 40 persen) serta mengunggah dan mengunduh data musik (naik 39 persen).

Untuk pencarian konten di internet, masyarakat Indonesia sudah mulai sadar dan mulai ada peningkatan dari sekitar 70 persen di tahun lalu menjadi 75 persen di tahun ini.

Media internet sudah mulai mengalahkan dominasi media seperti koran, radio, sinema, ataupun majalah. "Di internet itu banyak sumbernya. Orang akan lebih senang diberikan konten yang menghibur dan consumer created seperti YouTube sehingga harus diberikan konten yang variatif," tambahnya.

Jika diperinci lagi, maka masyarakat Indonesia yang senang berinternet akan mencari foto (76 persen), berita (59 persen), musik atau audio klip (43 persen), dan video (33 persen).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com