Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Usaha Koperasi Simpan Pinjam Rp 49,78 Miliar

Kompas.com - 04/03/2013, 16:42 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Volume usaha atau jumlah pinjaman yang disalurkan oleh koperasi simpan pinjam, koperasi jasa keuangan syariah, unit simpan pinjam koperasi, dan unit jasa keuangan syariah koperasi saat ini mencapai Rp 49,78 miliar.

"Tren perkembangan perkoperasian setiap tahun meningkat antara 10-12 persen," kata Asisten Deputi Urusan Pengembangan dan Pengendalian Simpan Pinjam, Deputi Bidang Pembiayaan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenekop UKM) Rosdiana V Sipayung di Jakarta, Senin (4/3/2013).

Berdasar data Kemenkop UKM, jumlah koperasi simpan pinjam (KSP) di Indonesia terdata 8.761 unit dan koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) 898 unit. Jumlah unit simpan pinjam (USP) koperasi sebanyak 86.203 unit adapun unit jasa keuangan syariah (UJKS) koperasi 2.088 unit.

Jumlah total anggota KSP, KJKS, USP koperasi, dan UJKS koperasi sebanyak 17.944.641 orang. Adapun dana yang berhasil dihimpun tercatat sebanyak Rp 14,145 miliar.

Rosdiana mengatakan, tren perkembangan koperasi yang terus meningkat di Indoensia, antara lain, karena faktor pertumbuhan ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com