Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotopedia Segera Tutup Layanan

Kompas.com - 03/08/2014, 12:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Fotopedia, situs foto yang menjadi layaknya blog fotografi perjalanan mengumumkan akan menghentikan layanannya pada 10 Agustus 2014. Terhitung sejak tanggal tersebut, semua server dan layanannya tidak akan bisa diakses lagi, termasuk aplikasi mobile.

Selama ini, layanan situs Fotopedia banyak digunakan fotografer profesional dari seluruh dunia, untuk memajang hasil karya fotografi perjalanan (travel photography) mereka.

Dalam pernyataan resmi yang dimuat di situsnya, Fotopedia mengungkapkan rasa penyesalannya atas keputusan penghentian layanan tersebut. "Pada 10 Agustus 2014 nanti, Fotopedia.com akan ditutup dan apikasi iOS kami juga tidak akan berfungsi lagi," tulis Fotopedia.

Mereka juga mengungkapkan rasa terimakasih terhadap para fotografer yang menjadi kontributor foto, kurator, dan mereka yang telah menuliskan kisah perjalanannya di situs Fotopedia.

"Kami juga berterimakasih atas kerja keras dan kontribusi mereka. Kami percaya pada konsep storytelling yang kami gunakan, namun ternyata belum ada model bisnis yang cocok," demikian terang Fotopedia.

Bagi fotografer yang memiliki akun dan telah memposting foto-foto mereka di Fotopedia.com, mereka diberi kesempatan untuk mengunduh foto-fotonya hingga 10 Agustus 2014 nanti.

Setelah tenggang waktu tersebut, semua data dan foto akan dihapus dari server Fotopedia.com. Untuk mengunduh semua foto, Fotopedia telah menyiapkan tool khusus yang bisa diakses melalui link berikut ini.

Situs Fotopedia sendiri mulai diluncurkan semenjak 2009 lalu. Menurut The Next Web (2/8/2014), Fotopedia telah mengumpulkan pendanaan hingga 12 juta Dollar AS hingga saat ini.

Sementara menurut situs Tech Crunch, Fotopedia telah memiliki 15 aplikasi iOS yang terdiri atas 9 bahasa. Aplikasi tersebut sangat sukses, terbukti dengan jumlah postingan foto yang telah dilihat sebanyak 3 miliar kali pada akhir tahun 2012 lalu.

Sejumlah kerja sama juga telah dilakukan, seperti dengan Expedia pada tahun 2012. Kerjasama tersebut memungkinkan pengguna Fotopedia melakukan reservasi perjalanan lebih mudah dengan aplikasi mobile Expedia.

Walau memiliki konten yang berkualitas, anggota yang banyak dan berdedikasi, serta berbagai strategi yang dilakukan, namun kesulitan pendanaan dan susahnya monetisasi layanan membuat Fotopedia.com kini harus mengibarkan bendera putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com