Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Samsung Bakal Pakai Hologram?

Kompas.com - 13/08/2015, 12:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Samsung berencana mengembangkan tampilan hologram pada smartphone. Hal ini diketahui dari dokumen paten Samsung pada kuartal ketiga 2014 yang baru dipublikasikan US Patent & Trademark Office.

Berdasarkan ilustrasi, tampilan hologram Samsung tak sepenuhnya mirip holografik yang kerap terpampang di film-film atau produk teknologi kelas atas lainnya.

Angan-angan Samsung baru mencapai tampilan hologram berukuran kecil yang terpampang di atas layar ponsel. Mekanisme pengaplikasiannya pun terhitung sederhana.

AndroidAuthority Samsung berencana mengembangkan teknologi yang mengakomodir tampilan hologram pada smartphone

Dilansir KompasTekno, Kamis (13/8/2015) dari AndroidAuthority, perangkat akan tetap mengusung bentuk dan layar yang normal layaknya smartphone Samsung selama ini.

Tambahannya hanya berupa emisi cahaya yang diletakkan di atas layar. Emisi itu dibantu material tertentu untuk memantulkan gambar dari ponsel.

Jangan bayangkan gambar hologram dengan ukuran objek sesuai kenyataan. Implementasi hologram hanya akan mengakomodir gambar kecil seperti ikon aplikasi.

Sebab, smartphone memiliki ruang dan komponen penyusun yang terbatas. Walau begitu, inovasi Samsung disinyalir akan memunculkan tren baru untuk industri smartphone. Tentu saja jika pabrikan Korea Selatan ini benar-benar beritikad mewujudkan paten tersebut.

Jika melihat yang sudah-sudah, banyak produsen smartphone yang mendokumentasikan paten sebagai wacana belaka. Apalagi hingga kini Samsung belum membeberkan kapan inisiasi tampilan hologramnya mulai dikembangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com