Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Samsung Makin Moncer, Laba Meroket 900 Persen

Kompas.com - 03/05/2024, 07:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Perusahaan elektronik Samsung mencetak performa keuangan yang moncer pada kuartal-I (Q1) 2024.

Hal ini terlihat dari pertumbuhan pendapatan dua digit dan keuntungan yang meroket hampir 10 kali lipat. Pertumbuhan ini berkat kinerja penjualan chip memori dan ponsel pintar.

Samsung melaporkan, perusahaannya membukukan pendapatan (revenue) sebesar 71,92 triliun won atau kira-kira Rp 845,16 triliun (kurs Rp 11.751). Pendapatan ini tumbuh 13 persen dibandingkan periode yang sama pada kuartal I-2023 (year-on-year/YoY).

Dari pendapatan tersebut, perusahaan asal Korea Selatan ini meraup laba operasional sebesar 6,61 triliun won atau setara Rp 77,7 triliun untuk periode Januari-Maret 2024.

Laba operasional tersebut 933 persen lebih tinggi secara YoY. Sebagai perbandingan, Samsung hanya meraup profit operasional sebesar 640 miliar won (sekitar Rp 7,52 triliun) pada kuartal I-2023.

Peningkatan laba yang sangat besar ini disebabkan oleh peningkatan penjualan smartphone dan chip memori.

Baca juga: Samsung Siapkan Ponsel Lipat Galaxy Fold 6 Versi Ultra?

Cuan berkat Galaxy S24 series

Samsung Galaxy S24 series varian titanium gray.Kompas.com/Galuh Putri Riyanto. Samsung Galaxy S24 series varian titanium gray.
Divisi smartphone Samsung MX menghasilkan revenue sebesar 33,53 triliun won (sekitar Rp 394 triliun), tumbuh 5 persen YoY. Sementara laba operasionalnya sebesar 3,51 triliun won (sekitar Rp 41,2 triliun).

Samsung berhasil pendapatan dan labanya berkat penjualan Galaxy S24 yang mengesankan. Diwartakan sebelumnya, Samsung Galaxy S24 series laris manis di berbagai negara, melampaui pendahulunya, Galaxy S23 series, meski baru memulai debutnya pada 18 Januari lalu.

Kenaikannya terpantau terjadi di sejumlah pasar, termasuk Korea Selatan hingga Amerika Serikat (AS). Di negeri asalnya (Korea Selatan), penjualan ponsel flagship Samsung itu naik sampai 22 persen. Di Eropa Barat, penjualan Galaxy S24 series naik 28 persen, sedangkan di AS naik sampai 14 persen.

Vendor ponsel asal Korea Selatan ini mengatakan, mereka mempertahankan “profitabilitas dua digit yang solid” karena optimalisasi sumber daya.

Samsung memperkirakan penjualan smartphone dan tablet akan menurun pada kuartal II-2024. Namun, penjualan diperkirakan akan meningkat pada semester kedua tahun ini karena sentimen konsumen dapat membaik, terutama di pasar negara berkembang.

Bisnis chip semikonduktor Samsung

Ilustrasi chip semikonduktor.SamMobile Ilustrasi chip semikonduktor.
Divisi Samsung Device Solutions, yang mengawasi desain dan pembuatan chip semikonduktor, membukukan pendapatan sebesar 23,14 triliun won (sekitar Rp 271,92 triliun). Adapun laba operasionalnya sebesar 1,91 triliun (kira-kira Rp 22,4 triliun).

Menurut laporan SamMobile, bisnis chip memori semikonduktor Samsung kembali memperoleh keuntungan setelah hampir setahun mengalami kerugian. Ini berkat adanya kenaikan harga chip memori.

Baca juga: Canalys: Pasar Smartphone Global Tumbuh 2 Digit, Samsung Teratas

Adapun penjualan chip memori seperti memori DDR5, memori HBM, dan SSD server meningkat juga didororong oleh booming AI yang sedang berlangsung.

Sementara itu, penjualan chip penyimpanan UFS 4.0 sebagian besar meningkat karena tingginya permintaan dari merek smartphone China.

Samsung Foundry, divisi perusahaan yang memproduksi chip semikonduktor, belum melihat adanya peningkatan penjualan. Namun, perusahaan terus meningkatkan teknologinya.

Samsung disebut berencana untuk memulai produksi massal chip dengan fabrikasi 3nm generasi kedua pada kuartal kedua 2024. Kemungkinan besar untuk chip Exynos generasi berikutnya yang akan digunakan di lini Galaxy S25 tahun depan.

Bisnis peralatan rumah tangga & TV

Divisi peralatan rumah tangga dan TV Samsung dilaporkan membukukan pendapatan sebesar 13,48 triliun won (sekitar Rp 158,4 triliun) dengan Laba operasional mencapai 53 miliar won (kira-kira Rp 6,23 triliun) pada kuartal pertama.

Bisnis TV membukukan laba yang lebih tinggi dibandingkan kuartal IV-2023, meskipun penjualan TV secara global lemah. Hal ini didongkrak oleh penjualan model premium yang lebih tinggi seperti Neo QLED TV, TV OLED, dan TV 75 inci atau lebih besar, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Jumat (3/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com