APU Honeywell Jadi Kelengkapan Standar di Pesawat A320 - Kompas.com

APU Honeywell Jadi Kelengkapan Standar di Pesawat A320

Kompas.com - 25/03/2017, 19:06 WIB
dok Airbus Airbus A320 Neo

KOMPAS.com - Perangkat auxiliary power unit (APU) buatan Honeywell kini menjadi kelengkapan standar di seluruh pesawat Airbus A320. APU adalah "mesin" kecil yang berfungsi layaknya generator penyuplai daya di pesawat, saat mesin tidak bekerja.

APU biasa dinyalakan di darat untuk memasok daya listrik saat di darat, saat mesin pesawat belum dinyalakan. Letaknya berada di ekor pesawat, di bawah sayap tegak (vertical stabiizer).

Contohnya adalah untuk menyalakan pendingin udara (AC) saat penumpang masuk ke kabin, atau memasok daya yang dibutuhkan untuk menyalakan mesin pesawat.

delticgroup.com Mekanik pesawat membongkar perangkat APU di ekor pesawat A320.
Perangkat APU juga memberikan cadangan listrik untuk kebutuhan kabin, kokpit, serta sistem hidraulik saat terbang.

Adapun APU buatan Honeywell yang kni menjadi kelengkapan standar di pesawat Airbus A320 adalah jenis 131-9A.

Sebelumnya, pembeli pesawat Airbus A320 diberi opsi untuk memilih jenis APU yang ingin mereka gunakan. Namun kini, APU 131-9A buatan Honeywell telah menjadi standar di sleuruh pesawat narrowbody andalan Airbus tersebut.

"Honeywell bersama dengan Airbus menawarkan kustomer A320 dengan APU yang efisien, aman, dan nyaman untuk menunjang pengalaman penumpang saat terbang," kata Brian Sill, President Engines and Power Systems Honeywell Aerospace dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (25/3/2017).

Honeywell sendiri baru saja mengirimkan APU 131-9A yang ke-5000 untuk Airbus. Ini menandai jumlah APU keluarga 131-9 menjadi 11.000 unit dengan total 11 juta jam terbang.

Keluarga APU 131-9 selain digunakan oleh Airbus di pesawat A320 juga digunakan oleh Boeing di seri B737-nya.

APU ini memiliki logic troubleshooting sendiri dan mampu memonitor kerusakan dalam sistemnya, agar pemeliharaan bisa dilakukan lebih intuitif.

Baca: Honeywell Cari Rekanan Lokal untuk Upgrade C-130 Hercules TNI AU

EditorReska K. Nistanto
Komentar
Close Ads X