Nokia 3310 Edisi Trump-Putin Dibanderol Rp 33 Juta - Kompas.com

Nokia 3310 Edisi Trump-Putin Dibanderol Rp 33 Juta

Fatimah Kartini Bohang
Kompas.com - 09/07/2017, 14:36 WIB
Nokia 3310 edisi Putin-TrumpCaviar Nokia 3310 edisi Putin-Trump

KOMPAS.com - Perusahaan asal Rusia bernama Caviar merilis smartphone Nokia 3310 edisi Presiden AS, Donald Trump, berdampingan dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Smartphone itu diperkenalkan dalam ajang ekonomi dunia “G20 Summit” yang digelar di Hamburg, Jerman, dari Jumat (7/7/2017) hingga Sabtu (8/7/2017).

Caviar sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan yang kerap mendaur ulang smartphone ternama dengan edisi khusus yang dibalut emas murni atau casing mewah. Sebelumnya, Caviar pernah membuat iPhone 6S edisi Pokemon Go yang dilepas Rp 35 juta.

Kali ini Nokia 3310 yang mematrikan wajah Trump dan Putin dinamai “Putin-Trump Summit” dan dihargai 2.500 dollar AS atau sekitar Rp 33 jutaan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (9/7/2017) dari situs resmi Caviar.

Nilai itu lebih mahal sekitar 33 juta kali ketimbang harga asli Nokia 3310. Tak heran, sebab Nokia 3310 Putin-Trump Summit dibalut material yang mahal.

Sekujur tubuhnya dilapisi titanium dengan pola damaskus steel. Ada lambang melingkar berlapis emas di bagian belakang yang berisi potret Trump dan Putin.

Lebih lanjut, Caviar juga menjelaskan filosofi di balik desain Nokia 3310 Putin-Trump Summit. Kedua kepala negara digamparkan melihat ke satu arah yang mewakili keinginan bersama untuk kemajuan dalam hubungan diplomatik AS dan Rusia.

Meski demikian, arah itu menghadap ke kiri yang sedikit sensitif karena bisa diartikan sebagai ideologi politik kiri alias komunis. Ideologi tersebut mengandung sejarah turunan Uni Soviet yang berlandaskan komunisme.

Penggunaan titanium sebagai pelindung bodi melambangkan kekerasan yang diperlukan untuk melindungi keadilan dan kepentingan kedua negara.

Lantas di bawah potret emas kedua pemimpin, dipatrikan waktu dan tempat ponsel itu diumumkan untuk khalayak. Untuk keterangan selengkapnya, bisa membuka situs resmi Caviar di tautan ini.

PenulisFatimah Kartini Bohang
EditorReza Wahyudi
Sumbercaviar,
Komentar
Close Ads X