Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Smartphone Xiaomi Pertama Tanpa MIUI?

Kompas.com - 23/08/2017, 08:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Selama ini Xiaomi selalu menyematkan antarmuka MIUI dalam setiap smartphone yang dibuatnya. Namun hal itu tidak akan terjadi pada tipe smartphone Mi 5X baru, yang saat ini sedang dalam proses pengembangan.

Mi 5X sendiri sebenarnya telah diumumkan oleh Xiaomi beberapa waktu lalu. Namun kabarnya perusahaan asal China itu bekerja sama dengan Google untuk mengembangkan smartphone tipe serupa, khusus untuk Android One.

Jika benar demikian, Xiaomi akan segera merilis Mi 5X baru yang sama sekali tidak memiliki antarmuka MIUI 9. Sebagai gantinya, smartphone Xiaomi pertama tanpa MIUI tersebut akan memakai antarmuka Android polos, serupa dengan yang biasa digunakan oleh smartphone Android One.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (23/8/2017), Xiaomi Mi 5X edisi Android One kemungkinan akan diluncurkan pertama kali di Indonesia. Spesifikasinya pun tidak akan serendah tipe Android One terdahulu, karena dibuat berdasarkan Mi 5X edisi orisinal.

Spesifikasi Mi 5X edisi Android One ini kemungkinan berupa berupa chipset Snapdragon 625, RAM 4 GB, penyimpanan internal 32 GB, serta baterai 3.080 mAh. Selain itu ada sebuah kamera ganda 12 megapiksel yang disematkan di cover belakang, dan sebuah kamera 8 megapiksel yang ada di bagian depan.

Baca: Ini Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 5X

Dengan spesifikasi demikian, ada kemungkinan Xiaomi Mi 5X versi Android One ini bakal dibanderol dengan harga cukup tinggi. Android One terdahulu yang masuk Indonesia, antara lain, Mito Impact, Evercross One X, dan Nexian Journey One dibanderol di kisaran Rp 1 Juta. Sedangkan Xiaomi Mi 5X orisinil dibanderol di kisaran Rp 3 juta.

Informasi lain mengatakan bahwa smartphone Android One itu disebut juga sebagai Xiaomi A1 oleh internal perusahaan. Beberapa hari lalu, Xiaomi juga sempat membocorkan nama smartphone tipe A1 ini di situsnya sendiri.

Meskipun demikian, pengguna tetap harus menunggu kepastian langsung dari Xiaomi atau Google. Pasalnya, hanya kedua perusahaan itu saja yang bisa memastikan nama dan spesifikasi yang bakal disematkan di Android One kali ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com