Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah HP Pertama dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 4?

Kompas.com - 29/04/2024, 13:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Perusahaan semikonduktor kenamaan asal AS, Qualcomm dikabarkan akan memperkenalkan system-on-chip (SoC) teratasnya, diyakini bernama Snapdragon 8 Gen 4 pada Oktober mendatang.

Setelah diperkenalkan, chipset Snapdragon 8 Gen 4 ini kabarnya akan langsung debut di HP flagship baru Xiaomi, yakni Xiaomi 15 series. Hal ini diungkap oleh  tipster gadget bernama Yogesh Brar di X/Twitter.

Dengan kata lain, Xiaomi akan menjadi merek pertama yang meluncurkan ponsel bertenaga Snapdragon 8 Gen 4.

Baca juga: 3 Ponsel Lawas Xiaomi Ini Dapat Update HyperOS

Hal ini tidak mengherankan karena jajaran Xiaomi 14 juga menjadi yang pertama diotaki chipset Snapdragon 8 Gen 3. Ponsel ini dirilis di China pada 26 Oktober 2023. Kemudian baru dirilis secara global pada 25 Februari 2024. Baru pada 26 Maret, Xiaomi 14 resmi masuk Indonesia.

Xiaomi 15 yang dirumorkan diotaki Snapdragon 8 Gen 4 disebut juga akan mendapatkan perlakuan yang sama, yakni diluncurkan di China terlebih dahulu, baru menyusul ke pasar global.

Menurut bocoran dari Brar, OnePlus dan iQoo bakal menyusul Xiaomi dengan meluncurkan ponsel bertenagai Snapdragon 8 Gen 4. Kemungkinan, dua ponsel yang dirilis adalah OnePlus 13 dan iQoo 13.

Akhir tahun 2023, OnePlus 12 dan iQoo 12 juga menjadi beberapa HP pertama yang dirilis dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Baca juga: Daftar HP dan Tablet Xiaomi yang Kebagian HyperOS mulai April Ini

Di pasar AS, Samsung diharapkan menjadi yang pertama menghadirkan ponsel Snapdragon 8 Gen 4 dengan Galaxy S25 series sekitar bulan Januari hingga Februari 2025. Samsung kemungkinan juga akan menggunakan versi overclock dari chipset tersebut dan menyebutnya sebagai “Snapdragon 8 Gen 4 untuk Galaxy”.

Hal ini seperti dilakukan dengan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy di Samsung S23 series dan Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy S24 series.

Bocoran spesifikasi Snapdragon 8 Gen 4

Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon.
GSMArena Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon.
Snapdragon 8 Gen 4 kemungkinan akan menjadi chipset ponsel pertama dengan inti CPU Oryon, tidak lagi menggunakan arsitektur ARM tradisional.

Inti Oryon (Oryon core) adalah komponen inti CPU Arm yang dirancang khusus dan dikembangkan oleh tim Nuvia, perusahaan yang diakuisisi Qualcomm pada Januari 2021. Tujuannya, Qualcomm ingin bersaing lebih baik dengan Apple yang juga membuat chip khusus.

Snapdragon 8 Gen 4 dengan inti Oryon ini diharapkan dapat memberikan peningkatan CPU yang signifikan dibandingkan dengan CPU Arm biasa.

Chipset tersebut juga dilengkapi pengolah grafis (GPU) Adreno 830 yang akan membuatnya semakin bertenaga. Chip baru ini kemungkinan juga akan menampilkan konektivitas FastConnect 7900 dengan kemampuan UWB terintegrasi.

Snapdragon 8 Gen 4 disebut akan membawa peningkatan kekuatan dan kinerja pemrosesan, peningkatan efisiensi daya, fitur-fitur canggih seperti kemampuan AI terintegrasi, dan dukungan untuk standar konektivitas terbaru seperti 5G mmWave, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizChina, Senin (29/4/2024).

Perlu dicatat, bocoran spesifikasi dan nama HP pertama dengan chipset Snapdragon 8 Gen 4 ini masih rumor dan belum bisa dipastikan keakuratannya. Hingga kini, Xiaomi, OnePlus, iQoo, hingga Samsung belum memberikan informasi resmi soal kehadiran jajaran HP dengan Snapdragon 8 Gen 4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com