Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 Sudah Diperiksa di Indonesia, Sebulan Sebelum Resmi

Kompas.com - 21/06/2023, 13:29 WIB
Caroline Saskia,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Duo ponsel lipat Samsung berikutnya yang konon bernama Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 terpantau sudah "mendarat" di Indonesia, kurang lebih satu bulan sebelum acara peluncurannya.

Informasi tersebut diperkuat dari kemunculan kedua perangkat di laman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pantauan KompasTekno, Rabu (21/6/2023), Kemenperin telah mengeluarkan dua sertifikat sekaligus di tanggal yang sama, yakni pada 19 Juni 2023.

Sertifikat pertama bernomor 5235/SJ-IND.8/TKDN/6/2023. Lalu, pada bagian kolom merek dan tipe, sertifikat tersebut mencantutkan nama Samsung yang memiliki nomor model “SM-F731B”.

Kemudian, sertifikat kedua terdaftar dengan nomor sertifikasi 5236/SJ-IND.8/TKDN/6/2023 dan juga mencamtukan nama Samsung. Sertifikat tersebut mendaftarkan perangkat yang memiliki nomor model “SM-F946B”.

Kedua ponsel lipat juga masing-masing mengantongi nilai TKDN sebesar 35,50 persen dan 35,40 persen. Merujuk pada situs teknologi SamMobile, nomor model SM-F731B merujuk pada Galaxy Z Flip 5, sedangkan nomor SM-F946B merujuk pada Galaxy Z Fold 5.

Mengingat peraturan kandungan komponen lokal untuk penjualan smartphone di Indonesia minimal 35 persen, artinya Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 berhasil lolos TKDN dalam bakal segera hadir ke Tanah Air.

Kendati begitu, kemunculan ponsel lipat dari Galaxy Z series di laman TKDN bukanlah sesuatu yang mengagetkan. Dikarenakan baru-baru ini Samsung sudah mengungkapkan jadwal dan lokasi peluncuran perangkat.

Samsung menyebut bahwa Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 dipastikan meluncur pada akhir Juli 2023 dan diselenggarakan pertama kali di Seoul, Korea Selatan.

Beberapa pihak meyakini bahwa kedua ponsel lipat anyar Samsung bakal diluncurkan di acara Galaxy Unpacked pada 26 Juli 2023 mendatang. Namun, belum dapat dipastikan kebenaran dan keakuratan dari informasi ini.

Yang pasti, peluncuran duo ponsel lipat ini dilakukan lebih cepat daripada Galaxy Z Flip 4 dan Z Fold 5 di 2022 lalu. Kedua perangkat digelar pada akhir Agustus 2022 di New York, AS, satu bulan lebih cepat dari Galaxy Unpacked 2023.

Baca juga: Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 5 Pakai Desain Engsel Baru?

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5

4  varian warna Samsung Galaxy Z Flip yaitu Essential Graphite, Contemporary Blue, Bora Purple, dan Genderless Pimk.KOMPAS.com/BILL CLINTEN 4 varian warna Samsung Galaxy Z Flip yaitu Essential Graphite, Contemporary Blue, Bora Purple, dan Genderless Pimk.

Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 konon bakal mengalami peningkatan dibanding pendahulunya. Kabarnya, bentuk engsel kedua perangkat bakal mengadopsi konstruksi engsel yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Dengan mengadopsi mekanisme engsel yang baru, bekas lipatan di layar depan perangkat disinyalir lebih disamarkan. Lipatan yang tersamarkan disebut dapat meningkatkan pengalaman mengakses layar agar lebih maksimal.

Di sektor dapur pacu, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 dikabarkan mengandalkan chipset yang sama seperti Galaxy S23 series, yakni Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Peningkatan lain dari Galaxy Z Fold 5, perangkat bakal mengusung desain yang mirip pendahulunya. Hanya saja, kamera belakangnya bakal ditingkatkan menjadi 108 MP dan menyediakan kompartemen baru untuk menyimpan pen digital (stylus) S Pen.

Sementara itu, layar sekunder Galaxy Z Flip 5 disinyalir bakal diperbesar dari 1,9 inci menjadi 3,4 inci. Perluasan layar disebut dapat meningkatkan aksesibilitas pengguna terhadap layar sekunder di Galaxy Z Flip 5 dan perubahan desain yang cukup signifikan.

Baca juga: Layar Sekunder Samsung Galaxy Z Flip 5 Bisa untuk Buka Google Maps dan Nonton YouTube?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com