Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Corsair K70 Max, Keyboard Mekanik dengan Switch yang Bisa Diatur

Kompas.com - 14/08/2023, 10:48 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Switch di keyboard mekanik biasanya memiliki actuation point yang bersifat fixed alias sudah dipatok angkanya untuk masing-masing tipe dan hanya bisa diubah dengan mengganti keseluruhan switch.

Bagaimana jika actuation point switch bisa diatur dengan bebas sesuka pengguna? Itulah yang ditawarkan oleh keyboard gaming mekanik baru dari Corsair, K70 Max.

Actuation point sendiri adalah titik jarak penekanan (travel) tombol di mana input akan dihasilkan. Semakin besar angkanya, semakin dalam tombol harus ditekan agar komputer mendeteksi input.

Nah, Corsair K70 Max bisa mengatur actuation point di tiap tombol berkat teknologi switch magnetik bernama MGX yang diterapkan untuk pertama kalinya di keyboard ini.

Baca juga: Keyboard Gaming Keychron Lemokey L3 Sudah Bisa Dipesan, Ini Harganya

Lewat software iCue dari Corsair, pengguna bisa bebas mengatur jarak actuation point antara 0,4 mm hingga 3,6 mm dengan interval 0,1 mm.

Pengaturan tersebut berlaku buat semua tombol dan bisa disimpan sebagai profil sehingga tiap game bisa menggunakan setting terpisah.

Misalnya, untuk game tipe FPS, tombol "WSAD" dapat dibuat memiliki actuation point rendah agar responsif dan ringan. Sementara, tombol yang ingin diamankan dari penekanan secara tidak sengaja bisa diberikan angka actuation yang dalam.

Selain bisa diatur, switch MGX di K70 Max dapat memiliki dua actuation point sehingga menghasilkan dua input dalam satu penekanan. Corsair Selain bisa diatur, switch MGX di K70 Max dapat memiliki dua actuation point sehingga menghasilkan dua input dalam satu penekanan.
Selain bisa diatur, masing-masing tombol K70 Pro bisa memiliki dua titik actuation point berbeda jarak sehingga menghasilkan dua input dalam sekali penekanan.

Hal tersebut mungkin bisa berguna buat melakukan combo membutuhkan multiple input, seperti misalnya double jump yang biasanya dilakukan dengan menekan spacebar sebanyak dua kali.

Baca juga: Cara Membersihkan Keyboard Mekanik dan Perawatannya

Adapun actuation force alias berat penekanan tombol untuk switch MGX di K70 Max adalah 45 gram yang berarti relatif ringan dan mudah ditekan.

Selain switch adjustable, K70 Max turut dibekali fitur-fitur gaming lainnya seperti RGB backlight, polling rate hingga 8.000 Hz, penyimpanan hingga 50 on-board profile dan 20 profil lighting, keycap PBT double-shot, media keys, hingga palmrest.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Senin (14/8/2023), aneka fitur dan keunikan K70 Max mesti ditebus dengan harga relatif mahal, yakni 230 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com