Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Series Punya Fitur Pengisian Daya Mentok 80 Persen

Kompas.com - 21/09/2023, 11:16 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lini iPhone 15 memiliki fitur baru untuk menunjang kesehatan baterai (battery health). Fitur tersebut memungkinkan perangkat untuk mengisi daya maksimal di persentase 80 persen.

Keempat model, yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max disebut memiliki fitur anyar ini.

Informasi ini diungkap oleh Allison Johnson, jurnalis media teknologi The Verge dalam sebuah sesi tanya-jawab, setelah ia mengulas (review) iPhone 15 Pro dan Pro Max.

Fitur ini berbeda dari Optimized Battery Charging (pengisian baterai dioptimalkan) yang sudah ada di iPhone sebelumnya.

Di fitur yang lama, charger akan berhenti mengalirkan daya di persentase 80 persen, kemudian melanjutkan pengisian daya dalam waktu tertentu, sesuai rutinitas pengisian daya yang dilakukan pengguna.

Baca juga: Baterai iPhone 15 Series Akhirnya Terungkap, Berapa mAH?

Penentuan waktu tersebut didapat dari pemantauan pola aktivitas pengisian daya pengguna sehari-hari.

Nah, di fitur yang baru, ketika persentase daya sudah mencapai 80 persen, maka proses charging benar-benar berhenti.

Seperti halnya fitur Optimized Battery Charging, fitur baru pengisian daya maksimal 80 persen, diklaim bisa meningkatkan masa pakai baterai dengan memperpendek waktu pengisian baterai hingga terisi penuh.

Berdasarkan sejumlah laporan, pengisian daya dari 0-80 persen, lebih efektif. Sebab, 20 persen sisanya, pada umumnya lebih banyak mengonsumsi daya dan menghasilkan panas.

Sebab itu lah, sejumlah pengguna smartphone, memilih mengisi daya dengan persentase maksimal 80 persen secara manual, demi menjaga kesehatan baterai, sebagaimana dihimpun dari Apple Insider.

Dengan hadirnya fitur ini, ada tiga opsi pengisian daya yang tersedia, yakni Optimized Battery Charging, batas 80 persen, dan tidak ada (none), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mac Rumors, Kamis (21/9/2023).

Baca juga: iPhone 15 Pro Sultan Dijual Rp 136 Juta

Fitur ini nantinya dapat diakses melalui menu Settings. Pengguna harus menggulir layar sampai menemukan kolom “Battery”. Setelah itu, klik “Battery Health and Charging” dan pilih “Charging Optimization”.

Pengguna dapat memilih ingin mengaktifkan fitur tersebut atau tidak. Sistem iPhone 15 series tidak akan mengaktifkan fitur kesehatan baterai yang baru secara default.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com