Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sam "ChatGPT" Altman Dipecat, Co-founder OpenAI Ikutan Mundur

Kompas.com - 20/11/2023, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri sekaligus CEO OpenAI Sam Altman, dipecat dari jabatannya secara mendadak pada Jumat (17/11/2023).

Hal ini pun memicu co-founder sekaligus Presiden dan Chairman OpenAI Greg Brockman, untuk ikut Sam Altman keluar dari perusahaan pembuat ChatGPT itu. 

Greg Brockman mengumumkan resign atau mengundurkan diri dari OpenAI setelah Sam dipecat. Brockman pun menulis pesan undur diri dan dikirim ke tim OpenAI, kemudian diunggah lewat di X/Twitter berbunyi sebagai berikut.

"Saya bangga dengan apa yang kita bangun bersama sejak memulai ini 8 tahun lalu di apartemen saya. Kita telah melalui banyak hal berat dan hari-hari baik bersama, mencapai banyak hal yang tak mungkin. Tapi berdasarkan kabar hari ini (Sam dipecat), saya keluar (dari OpenAI)," tulis Brockman.

"Saya mendoakan yang terbaik untuk OpenAI. Saya akan terus percaya pada misi membuat Artificial general intelligence (AGI) yang aman untuk semua manusia," lanjut Brockman.

Baca juga: Bos ChatGPT Sam Altman Mendadak Dipecat dari OpenAI

Brockman ikut mendirikan OpenAI bersama Altman pada 2015. Selama ini, Greg Brockman juga merupakan orang kepercayaan Sam.

Peneliti senior OpenAI juga resign

Laporan dari The Information, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (20/11/2023), tiga peneliti senior di OpenAI tersebut juga telah berhenti karena alasan yang sama.

Ketiga peneliti tersebut adalah Jakub Pachocki, direktur penelitian di OpenAI yang baru-baru ini mendapat penghargaan dari Altman atas kontribusinya terhadap pengembangan GPT-4.

Dua lainnya adalah Aleksander Madry, kepala tim yang mengevaluasi potensi risiko AI dan Szymon Sidor, peneliti selama tujuh tahun di startup tersebut.

Keputusan OpenAI untuk berpisah dengan Altman disebut karena perbedaan pendapat yang signifikan antara CEO dan dewan direksi, terutama dengan Ilya Sutskever, salah satu pendiri dan kepala ilmuwan.

Perbedaan pendapat tersebut berpusat pada keamanan AI, laju perkembangan teknologi, dan komersialisasi perusahaan.

Baca juga: Mira Murati Jadi CEO Sementara OpenAI, Gantikan Sam Altman

Ketidaksepakatan ini mencerminkan tantangan yang dihadapi OpenAI dalam mengembangkan kecerdasan buatan (AI) yang etis.

Hal ini merupakan kekhawatiran berkelanjutan bagi organisasi ini sejak awal berdirinya. Konflik serupa di masa lalu mengakibatkan Elon Musk yang ikut membangun OpenAI akhirnya keluar dari dewan direksi pada tahun 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com