Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitch Ikutan Bikin Fitur Video Pendek Mirip TikTok dan IG Reels

Kompas.com - 03/05/2024, 12:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform video streaming milik Amazon, Twitch, kini memiliki fitur video pendek bernama "Discovery Feed". Fitur video pendek yang dirilis pada Rabu (1/5/2024), terbaru ini tersedia di aplikasi Twitch versi iOS dan Android.

Fitur yang melewati tahap uji coba pada Agustus 2023 ini mulai digelontorkan kepada semua pengguna. Pantauan KompasTekno, perangkat yang kami gunakan juga sudah mendapatkan fitur ini di Twitch Android versi 19.3.1.

Fitur video pendek ini mirip seperti di TikTok atau Instagram Reels. Pengguna yang sudah kebagian fitur ini bisa menemukan menu "Feed" di bawah aplikasi, tepatnya di sebelah kanan "Following" dan sebelah kiri "Discover". Menu "Feed" dibagi menjadi dua, yaitu "Live" dan "Clips".

Menu "Live" memungkinkan pengguna untuk menonton live stream dari kreator yang diikuti (follow) atau kreator yang direkomendasikan oleh Twitch berdasarkan riwayat tontonan pengguna.

Ada pula menu "Clips" berisi video pendek dari berbagai kreator Twitch, sehingga memungkinkan pengguna menonton konten singkat ketika kreator tersebut sedang tidak live streaming.

Baca juga: Twitch Ganti Kebijakan, Kriteria Streamer yang Bisa Gajian Berubah

Pantauan KompasTekno, durasi video ini bermacam-macam, mulai dari 5 detik hingga 30 detik.

Pengguna dapat menekan tombol jempol ke atas (thumbs up) di video, jika ingin melihat lebih banyak konten seperti itu. Sebaliknya, pengguna bisa memilih tombol jempol ke bawah (thumbs down), apabila tidak ingin melihat konten seperti itu.

Harus melewati proses kurasi

Namun, berbeda dari TikTok, konten di Discovery Feed Twitch merupakan live stream atau potongan video yang sudah dikurasi oleh Twitch. Jika sudah memenuhi panduan konten Twitch, live stream dan video pendek secara otomatis bisa muncul di Discovery Feed.

Kreator tidak bisa langsung mengunggah konten mereka ke Discovery Feed, tetapi Twitch tetap mendorong mereka untuk membuat video pendek agar berpeluang disertakan dalam Discovery Feed.

Tampilan Discovery Feed di aplikasi Twitch di iOS dan Android. Menu Live (kiri) menunjukkan live streaming streamer yang diikuti atau streamer yang direkomendasikan Twitch, menu Clips (kanan) menunjukkan video pendek dari berbagai streamer Twitch.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Tampilan Discovery Feed di aplikasi Twitch di iOS dan Android. Menu Live (kiri) menunjukkan live streaming streamer yang diikuti atau streamer yang direkomendasikan Twitch, menu Clips (kanan) menunjukkan video pendek dari berbagai streamer Twitch.
Twitch juga mengatakan bahwa iklan akan muncul di antara klip video, bukan langsung di video tersebut (pre-roll ads). Meskipun ada iklan, kreator Twitch tidak akan mendapatkan uang dari pendapatan iklan tersebut.

Jadi, bisa dibilang bahwa Discovery Feed merupakan wadah agar kreator tersebut lebih dikenal masyarakat luas.

Seperti yang sebelumnya disebutkan, pembaruan (update) Twitch ini sudah mulai digelontorkan untuk semua pengguna. Pengguna bisa memperbarui aplikasi Twitch yang dimiliki untuk mendapatkan fitur Discovery Feed.

Berkompetisi dengan TikTok

Peluncuran Discovery Feed di Twitch terjadi seminggu setelah Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengesahkan regulasi yang memungkinkan pemblokiran TikTok di AS.

Baca juga: Gamer dan Streamer Twitch Ninja Umumkan Idap Penyakit Kanker

Dengan 170 juta jumlah pengguna aktif bulanan di Amerika Serikat, TikTok menjadi kompetitor yang kuat untuk Twitch. Keduanya juga sebenarnya telah "meminjam" fitur dari satu sama lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com