Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Redmi Watch 4 Meluncur, Casing Aluminium dan Pakai HyperOS

Kompas.com - 30/11/2023, 11:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Redmi, sub-brand Xiaomi resmi meluncurkan arloji pintar (smartwatch) Redmi Watch 4 di pasar China, Rabu (29/11/2023). Smartwatch ini diluncurkan bersama smartphone Redmi K70 series dan earbuds Redmi Buds 5 Pro.

Redmi Watch 4 adalah penerus Redmi Watch 3 yang dirilis Desember 2022. Redmi Watch 4 juga menjadi smartwatch kedua yang menjalankan antarmuka (UI) HyperOS setelah Xiaomi Watch S3.

HyperOS dibentuk oleh Linux dan sistem Xiaomi Vela yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi. HyperOS memiliki sejumlah fitur seperti HyperConnect untuk memegang kendali penuh atas semua perangkat yang dimiliki, termasuk gawai hingga produk rumah pintar.

Baca juga: Xiaomi Watch 2 Pro Meluncur, Pertama Pakai WearOS

Selain itu, HyperOS diklaim memiliki kinerja stabil dalam skenario penggunaan yang berat, dan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa mempelajari kebutuhan pengguna serta menyesuaikan perangkat sesuai kebutuhan itu.

Selain UI, Redmi Watch 4 membawa peningkatan dalam sektor casing dan layar. Dari segi casing, Redmi Watch 4 menjadi lini arloji pintar Redmi pertama dengan casing bahan aluminium. Tak seperti pendahulunya yang menggunakan bingkai material plastik.

Dari segi layar, Redmi Watch 4 memiliki panel AMOLED seluas 1,96 inci dengan resolusi 390 x 450 piksel dan refresh rate 60 Hz. Di sisi lain, Redmi Watch 3 dibekali layar berbentang 1,75 inci.

Layar smartwatch terbaru Redmi turut dibekali fitur Always on Display (AOD), yang memungkinkan pengguna melihat tanggal dan informasi penting lainnya tanpa membuka kunci layar (lockscreen) arloji pintar.

Redmi Watch 4GizChina Redmi Watch 4
Spesifikasi dan fitur Redmi Watch 4

Spesifikasi Redmi Watch 4 juga mencakup dukungan tingkat kecerahan (brightness) maksimum 600 nits. Pengguna tetap bisa melihat layar smartwatch di bawah sinar matahari.

Redmi Watch 4 memiliki dimensi 47,58 mm x 41,12 mm x 10,5 mm dengan bobot 31,5 gram.

Beralih ke fitur, Redmi Watch 4 dilengkapi lebih dari 200 watch face yang memungkinkan pengguna memodifikasi tema (wajah) arloji pintar.

Smartwatch didukung pula oleh fitur yang menyokong aktivitas berolahraga. Terdapat lebih dari 150 mode olahraga seperti berlari dan bersepeda.

Fitur diklaim dilengkapi dengan algoritma latihan profesional untuk memantau detak jantung dan kalori secara akurat. Ketika memakai mode olahraga, pengguna dapat mengaktifkan perintah suara misalnya ketika sedang melakukan peregangan.

Untuk kesehatan, Redmi Watch 4 dapat memantau oksigen darah, pola tidur, dan tingkat stres. Pemantauan ini diklaim 10 persen lebih akurat dibanding Watch 3 berkat penggunaan sensor Photoplethysmography (PPG) empat kanal.

Sensor PPG menggunakan cahaya infrared untuk mengukur variasi volume dalam sirkulasi darah, sebagai indikator kesehatan sistem kardiovaskular. Sirkulasi darah yang buruk berpotensi membahayakan jantung, ginjal, dan otak pengguna.

Fitur pendukung lainnya mencakup GPS, NFC, Bluetooth 5.3, sertifikasi daya tahan air 50 ATM, serta pemantauan detak jantung dan pola tidur dalam semua kondisi cuaca. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur latihan bernapas dan pengingat siklus menstruasi perempuan.

Redmi Watch 4 ditopang oleh baterai 470 mAh yang mendukung 20 hari penggunaan normal, 10 hari penggunaan dalam mode Always On Display, dan hingga 30 hari jika menggunakan mode baterai. Baterai smartwatch bisa diisi penuh dalam waktu 85 menit.

Harga Redmi Watch 4

Redmi Watch 4 tersedia di pasar China dalam varian warna Elegant Black dan Silver Snow White.

Pilihan talinya dibagi menjadi Metal, Nylon, dan Silicone. Berikut ini harga Redmi Watch 4 sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Xiaomi China, Kamis (30/11/2023):

  • Harga Redmi Watch 4 - 499 Yuan (Rp 1 juta)

Meski dibekali tali yang berbeda, situs resmi Xiaomi belum menunjukkan harga smartwatch dengan masing-masing tali yang sudah disebutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com