Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Realme Note 50 Pertama Meluncur Minggu Depan

Kompas.com - 20/01/2024, 10:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah mengumumkan akan merilis HP dengan nama seri “Note”, Realme kini mengumumkan tanggal peluncuran ponsel tersebut, yang akan diberi nama Realme Note 50.

Dalam pengumuman yang dibagikan di akun X Twitter, Realme memastikan akan mendatangkan Realme Note 50 secara global pada 23 Januari 2024 di wilayah FIlipina.

Peluncuran Realme Note 50 akan mengusung tagline “LonglastingValueCompanion”.

Menjelang peluncuran resminya, berbagai rumor soal spesifikasi Realme Note 50 pun sudah beredar di dunia maya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (19/1/2024), Realme Note 50 merupakan versi modifikasi dari Realme C51. Sebab, kedua ponsel datang dengan tampilan punggung yang identik.

Baca juga: Realme Umumkan Kehadiran Smartphone Seri Note

Realme Note 50 dan Realme C51 sama-sama dibekali penampang yang dihiasi warna dua warna, tetapi senada. Penampang tersebut memanjang dari ujung ke ujung secara horizontal.

Susunan kamera belakangnya juga dibuat serupa. Terdapat tiga “cincin” hitam yang menonjol dan diposisikan secara zig-zag. Ada dua kamera belakang dan satu lampu kilat LED untuk membantu pencahayaan di malam hari atau kondisi minim cahaya.

Bocoran spesifikasi Realme Note 50

Realme C51 resmi rilis di Indonesia, Rabu (23/8/2023).KOMPAS.com/Lely Maulida Realme C51 resmi rilis di Indonesia, Rabu (23/8/2023).

Menyoal layar, Realme Note 50 dilengkapi layar IPS LCD berukuran 6,74 inci. Layar sudah mendukung resolusi HD Plus dan refresh rate 90 Hz.

Jika tampilan layarnya juga identik dengan Realme C51, layar juga akan dihiasi dengan poni menyerupai tetesan air (waterdrop) untuk menampung kamera depan yang konon beresolusi 5 MP.

Konfigurasi kamera belakangnya diyakini memiliki resolusi 13 MP, berbeda dengan Realme C51 yang punya resolusi kamera hingga 50 MP.

Baca juga: Realme C67 4G Rilis di Indonesia, Kamera 108 MP Harga Rp 2 Jutaan

Di bagian “jeroan”, Realme Note 50 diyakini mengandalkan chipset Unisoc T612 untuk menunjang performanya. Chip tersebut bakal dipadankan dengan RAM 4GB dan storage 54 GB.

Realme Note 50, yang menjalankan sistem operasi Android 13 dan dipoles dengan antarmuka (UI/User Interface) RealmeUI T Edition, konon disokong baterai berkapasitas 5.000mAH. Pengisian baterainya berdaya 10 watt.

Realme Note 50 menawarkan dua opsi warna, Sky Blue dan Midnight Black. Banderol harganya konon dimulai dari 3.599 peso atau sekitar Rp 1 jutaan. Mengingat ponsel belum dirilis secara resmi, kebenaran bocoran spesifikasi di atas masih belum dapat dipastikan.

Rilis Realme Note 1?

Kabarnya, Realme tidak hanya menghadirkan satu seri “Note” saja, tetapi dua, yaitu Realme Note 1 dan Realme Note 50.

Model Realme Note 1 menurut rumor bakal menjadi pesaing baru dari Infinix Note 30 dan Redmi Note 13, karena ponsel baru Realme juga sama-sama mengunggulkan aspek kamera dan layarnya.

Menurut sejumlah temuan, dua ponsel berseri “Note” dari Realme ini pun sudah mengantongi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan lolos Pos dan Telekomunikomunikasi (Postel) dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dua sertifikasi di atas menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi vendor smartphone sebelum menjual produknya. Dengan temuan ini, kemungkinan Realme Note 1 dan Realme Note 50 bakal segera dirilis juga ke Tanah Air. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com