Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Redmi A3 Resmi di Indonesia, HP Murah Harga Rp 1 Jutaan

Kompas.com - 20/02/2024, 15:25 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Xiaomi, resmi meluncurkan ponsel terbarunya, Redmi A3, di Indonesia pada Selasa (20/2/2024).

Ponsel entry-level ini sebelumnya sudah dirilis pada 15 Februari 2024 lalu di pasar India. Redmi A3 versi Indonesia membawa sejumlah perbedaan yakni pada konfigurasi RAM dan media penyimpanan (storage) yang ditawarkan, serta pilihan warna yang tersedia.

Xiaomi Redmi A3 yang dirilis di Indonesia dijual dalam varian tunggal RAM dan storage 4 GB/128 GB. Sementara itu, versi India menghadirkan opsi RAM 3 GB/4 GB/6 GB dengan storage 64 GB/128 GB.

Untuk pilihan warna, Xiaomi Redmi A3 versi Indonesia dibalut dengan warna Midnight Black dan Star Blue. Di sisi lain, Redmi A3 India hadir dengan warna Midnight Black, Lake Blue, serta Olive Green.

Di luar kedua aspek tersebut, Redmi A3 versi Indonesia memiliki spesifikasi yang sama seperti versi India. Berikut ini spesifikasi lengkapnya.

Baca juga: Xiaomi 14 Ultra Meluncur 22 Februari, Intip Bocoran Spesifikasinya

Spesifikasi Xiaomi Redmi A3 di Indonesia

Xiaomi Redmi A3 membawa modul kamera belakang berbentuk lingkaran besar ala Xiaomi 13 Ultra. Ini berbeda dari pendahulunya Redmi A2 yang dilengkapi modul kamera persegi kecil. Perubahan ini disebut memperkuat branding pengguna.

"Penampilan baru dari Redmi A3 menghadirkan kesan yang lebih trendi dan modern, memperkuat personal branding penggunanya dengan kesan premium pada segmen entry-level," tulis Xiaomi Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (20/2/2024).

Modul besar tersebut mencakup kamera utama 8 MP yang dipadukan dengan lensa sekunder (auxiliary lens). Kamera ini dibantu oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), sehingga mampu menangkap foto portrait dan landscape berkualitas baik.

Kamera utama juga mendukung fitur filmCamera dan HDR Mode.

Masih soal fotografi, Xiaomi Redmi A3 dihias dengan kamera selfie 5 MP, yang ditempatkan dalam modul menyerupai tetesan air (waterdrop). Kamera selfie ini dibekali fitur soft light ring dan mode Selfie Beautify, untuk mencerahkan wajah dalam kondisi minim cahaya.

Beralih ke aspek layar, Redmi A3 mengusung layar 6,71 inci dengan refresh rate 90 Hz. Ini berbeda dari ponsel entry-level pada umumnya yang masih mengandalkan refresh rate 60 Hz. Adapun tingginya refresh rate berpengaruh pada kemulusan saat pengguliran (scrolling) layar.

Fitur layar lainnya mencakup mode Night Light dan DC Dimming yang mengurangi cahaya biru dan flicker, sehingga membuat mata pengguna tetap nyaman ketika melihat layar.

Redmi A3 GSMArena Redmi A3
Spesifikasi layar ini meningkat dibanding Redmi A2 yang menggunakan layar 6,52 inci dan refresh rate 60 Hz.

Berikutnya, Redmi A3 diotaki oleh System-on-Chip (SoC) MediaTek Helio G36 seperti Redmi A2. Chipset delapan inti (octa-core) ini memiliki kecepatan clock maksimum 2,2 GHz.

Kapasitas RAM dan storage-nya adalah 4 GB/128 GB. Pengguna bisa memperluas RAM hingga 8 GB dengan memanfaatkan virtual RAM. Storage pun bisa ditambah dengan menggunakan kartu microSD hingga 1 TB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com