Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMD Bikin Merek Smartphone Sendiri, Nasib Nokia?

Kompas.com - 02/02/2024, 07:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Human Mobile Devices (HMD), perusahaan pemegang lisensi merek Nokia, akan mulai menjual smartphone merek sendiri "HMD". Artinya, perusahaan yang selama ini lekat dengan merek Nokia itu menyediakan smartphone lain tanpa embel-embel Nokia lagi.

Smartphone baru merek HMD memang belum diungkap ke publik. Meski begitu, HMD sudah memberikan bocoran tentang produk barunya.

Lewat video yang diunggah di situs web resmi, HMD menunjukkan bahwa pihaknya akan meluncurkan sejumlah produk dengan merek HMD, yang terpasang di setiap perangkat. Selain smartphone, perusahaan ini juga bakal menghadirkan tablet serta earbud nirkabel.

Ilustrasi aneka produk bermerek HMDHMD Ilustrasi aneka produk bermerek HMD

HMD belum mengumumkan kapan aneka produk barunya itu dirilis resmi ke publik. Rumor yang menyebar di internet menyebutkan bahwa produk itu kemungkinan dipamerkan di ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) Barcelona.

Ajang pameran perangkat teknologi itu dijadwalkan berlangsung pada 26-29 Januari 2024.

Meski mencanangkan produk baru, HMD tampaknya masih akan menjual produk bermerek Nokia hingga saat ini. Jadi, produk baru dengan merek sendiri merupakan pelengkap katalog perusahaan.

Baca juga: Nokia PHK 14.000 Karyawan

Video yang diunggah di situs web HMD juga menunjukkan keterangan "The best of old and new" (Yang terbaik dari yang lawas dan baru), menyiratkan bahwa merek Nokia sebagai pemain lawas di pasar ponsel akan beriringan dengan produk baru HMD.

Lewat blog perusahaan, HMD juga menegaskan pihaknya masih akan membuat ponsel merek Nokia.

"Kami masih menjadi pembuat smartphone Nokia, tetapi kami melakukan pemanasan untuk menghadikan lebih banyak (perangkat) lagi untuk Anda, termasuk perangkat HMD asli dan ponsel dari kemitraan baru," demikian keterangan HMD dikutip KompasTekno dari blog resminya, Jumat (2/2/2024).

Adapun selama ini HMD dikenal sebagai perusahaan yang memasarkan produk bermerek Nokia. Namun pada September tahun lalu, bos HMD mengumumkan pihaknya akan membuat ponsel dengan merek sendiri.

"Saya sangat senang mengumumkan tonggak penting dalam evolusi HMD, kami membangun merek HMD asli. Anda bisa melihat portofolio baru perangkat mobile merek HMD serta perangkat Nokia dan kolaborasi dengan mitra baru yang menarik," kata CEO HMD Global, Jean-Francois Baril melalui akun pribadinya di LinkedIn.

Baril saat itu tak merinci kapan perusahaannya akan meluncurkan ponsel dengan merek HMD. Yang jelas, perangkat itu akan menjadi yang pertama bermerek HMD, setelah selama ini menelurkan ponsel Nokia.

Baca juga: HMD Global Mau Bikin Ponsel Merek Sendiri, Setelah Produksi HP Nokia sejak 2016

Bikin ponsel Nokia sejak 2016

HMD sendiri pertama kali membuat ponsel bermerek Nokia pada akhir 2016, melalui ponsel fitur Nokia 150 dan 150 Dual SIM.

Perusahaan itu kemudian menghadirkan smartphone dengan merek Nokia juga, yaitu Nokia 6 pada awal 2017. Untuk merebut hati pengguna, HMD juga membeli merek dagang PureView dari Microsoft pada 2018.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com