Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Earphone Bisa Membunuh Anda!

Kompas.com - 10/11/2008, 15:57 WIB

JAKARTA, SENIN – Ada kabar buruk bagi pengguna earphone yang kebetulan juga yang menggunakan alat pacu jantung. Sebuah studi mengungkapkan bahwa ear bud headphone dapat membuat mereka kacau. Jadi ketika Anda sedang bersantai mendengarkan lagu Killing Me Softly-nya Lauren Hill melalui ear bud iPod, bisa saja lagu itu menjadi kenyataan.

Lho? Bagaimana bisa? Semua ini gara-gara magnet yang dikandung headphone. “Beberapa dari magnet tersebut sangat kuat,” kata Dr. William Maisel, seorang kardiolog di Beth Israel Deaconess Medical Center. Namun ia mewanti-wanti agar orang tidak bereaksi berlebihan terhadap informasi ini.

Yang perlu diperhatikan, bahaya magnet tetap mengancam walaupun alat pemutar musik sudah Anda matikan. Dari 27 orang yang terlibat dalam studi alat pacu jantung, empat di antaranya mengalami “interferensi” ketika headphone berada sekitar satu inci (2,54cm) dari dadanya. Alat pacu jantung pada seorang pasien bahkan harus di-reset.

Sepuluh dari 33 pasien dengan implan defibrillators mengalami interferensi yang sama. Interferensi bisa dikategorikan mulai dari sesuatu yang “tidak dirasakan oleh pasien” sampai berdebar-debarnya jantung. Pada kasus defibrillator, interferensi dapat membuat alat pacu jantung memicu terjadinya sebuah kejutan untuk menyelamatkan nyawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com