Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia N96, Kurang Apa Coba?

Kompas.com - 17/11/2008, 08:33 WIB

Tidak ada yang salah jika ada stereotip di masyarakat bahwa ponsel yang agak gemuk justru mahal karena dalam badannya ditanamkan berbagai fasilitas ekstra. Memang kenyataannya demikian. Paling tidak, layarnya yang lega dapat menampung berbagai kegiatan di luar ritual standar seperti SMS dan telepon.

Namun menyebut Nokia N96 yang secara fisik mirip dengan potongan Nokia N81 ini sebagai ponsel bongsor kurang tepat. Sinyal suka salah ambil ketika sang N96 bercampur dengan ponsel lain dan mengambilnya tanpa menengok. Perasaan sudah mengambil ponsel yang kecil, bukan N96, ternyata ponsel ini masih suka terambil. Bukti bahwa sebenarnya ukurannya cukup kecil jika sudah digenggam.

Rancangan utama dari N96 adalah sliding ganda. Sliding dengan menarik ke arah keypad berarti memfungsikan ponsel sebagaimana kodratnya. Sedang sliding ke arah atas, dengan bukaan yang tidak selebar sliding ke samping, akan menyuguhkan serba-serbi multimedia, berikut tombol-tombolnya. Bukaan multimedia ini sekaligus juga mengaktifkan layar dalam posisi horisontal.

Kamera
Kameranya, secara resolusi, masih belum beranjak dari 5MP dengan optik Carl Zeiss. Fitur otofokusnya bekerja dengan baik dalam mencari fokus lensa terbaik secara otomatis sebelum tombol rana kita bidikkan.

Kelengkapan lainnya adalah flash yang didobel agar kekuatannya lebih memadai dalam memotret di bawah cahaya minim. Pilihan penggunaan flash dengan teknologi LED ini memungkinkan pencahayaan yang terus menerus, yang akan sangat berguna dalam modus video.

Video
Bicara soal video, ada fitur unggulan yang disematkan pada ponsel N96 ini, yaitu pengaryaan sebuah chip khusus untuk akselerasi video sehingga perekaman dan pemutaran video berlangsung lebih mulus. Chip ini diperlukan karena N96 juga mengusung kapasitas perekaman 30 frame tiap detik (fps) sehingga setara dengan perekaman untuk kelas DVD.

Berbagai format perekaman juga didukung, antara lain Flash (untuk memutar video dari Youtube). Pada saat memainkan game N-Gage yang juga menjadi fitur unggulan produk ini, chip ini juga sangat berguna. Akselerasi grafis memungkinkan memainkan game yang haus grafis berlangsung dengan mulus tanpa terputus.

Layar
Ada layar yang cukup luas untuk menampilkan semua file video yang ada di dalam ponsel ini, yaitu layar LCD TFT dengan resolusi QVGA (240x320 pixel) selebar 2,8” yang mampu menampung 16 juta warna. Namun fitur TV out-nya akan memberi kesenangan lebih karena kita bisa menampilkannya ke layar TV agar bisa ditonton bersama.

Bukan cuma buat kepentingan menonton, memainkan game juga bisa ditampilkan di layar lebar TV. Sudah seperti main di konsol game biasa saja layaknya.

Jika tetap setia dengan layar ponsel, ada fasilitas yang sepele namun sangat membantu kegiatan menonton, utama videonya, yaitu sebuah handle yang jika ditarik keluar akan berfungsi sebagai sebuah penyangga. Klop untuk meletakkan ponsel dalam posisi miring dan horisontal, seperti menatap layar laptop.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com