Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Larangan Ber-SMS bagi Pengendara

Kompas.com - 02/01/2009, 10:55 WIB

CALIFORNIA, JUMAT  Dibandingkan panggilan telepon, SMS jauh lebih populer. Namun, mulai tahun ini para pengendara di California harus kembali menelepon, bukan ber-SMS, kala sedang menyopir.

Per 1 Januari 2009, Pemerintah California memberlakukan larangan ber-SMS saat Anda sedang berkendara. Peraturan ini sendiri sudah dikeluarkan sejak September 2008. Selain dilarang ber-SMS saat menyopir, para pengendara ini juga harus menggunakan handsfree atau headset saat berada di belakang kemudi.

Studi di AS memang memperlihatkan bahwa 30 persen pengguna telepon seluler menggunakan SMS saat menyopir. Eits, jangan girang dulu. Pengguna Blackberry pun termasuk dalam kategori larangan tersebut, yakni dilarang untuk ber-e-mail ria saat menyopir.

Pelanggaran akan menyebabkan denda 20 dollar AS untuk pelanggaran pertama, dan 50 dollar AS untuk setiap pelanggaran berikutnya. Tentu, denda sekecil itu (untuk ukuran AS) akan membuat beberapa orang mengabaikan peraturan. Apalagi, sebelum ini denda yang sama sudah dikenakan untuk pelanggaran peraturan headset, dan sejumlah orang tetap melanggarnya. Sekitar 42.000 pengendara telah dicatat melakukan pelanggaran tersebut.

Nah bagaimana ya bila peraturan itu diterapkan di Tanah Air?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com