Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Besar Vendor Ponsel Global Versi Counterpoint, Samsung Teratas

Kompas.com - 06/05/2024, 13:05 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma riset Counterpoint Research merilis laporan lima vendor smartphone teratas di dunia untuk kuartal I-2024 (Q1 2024).

Laporan tersebut memperlihatkan bahwa Samsung merajai pangsa pasar vendor smartphone dengan jumlah pengiriman (shipment) smartphone terbanyak di dunia.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini memiliki pangsa pasar sebesar 20 persen pada kuartal pertama 2024. Angka ini selisih 3 persen dibandingkan Apple yang menduduki posisi kedua.

Dengan pangsa pasar 20 persen, Samsung merebut posisi pertama dari Apple sebagai ponsel teratas di dunia per kuartal-I 2024.

Sebagai perbandingan, Apple pada kuartal-IV 2023 mengamankan posisi teratas dengan pangsa pasar 23 persen, sedangkan Samsung berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 16 persen.

Peningkatan pansa pasar Samsung ini didorong oleh penyegaran awal dari jajaran smartphone Samsung Galaxy A series, dan kinerja kuat dari Samsung Galaxy S24 series.

Samsung juga tercatat mencapai harga jual rata-rata (average selling price/ASP) tertingginya senilai 336 dollar AS, atau setara Rp 5,3 juta.

Di sisi lain, pangsa pasar Apple mengalami penurunan pada kuartal-I 2024 menjadi 17 persen.

Menurut Research Director Counterpoint Research Jeff Fieldhack, hal ini disebabkan oleh kompetisi yang makin ketat di China, jumlah pengguna yang melakukan peningkatan (upgrade) ponsel yang rendah di Amerika Serikat, serta pengaruh peralihan pasokan iPhone 14 Pro ke Q1 2023.

Baca juga: Daftar 20 HP Terlaris Sepanjang Sejarah, Nomor 1 Bukan Smartphone

Sambutan pasar terhadap iPhone 15 Pro juga disebut hanya membantu Apple menahan beberapa penurunan.

"Pasar negara berkembang khususnya memberikan peluang pertumbuhan jangka panjang. Kami juga memperkirakan masuknya kecerdasan buatan generatif (GenAI) pada akhir tahun ini dapat berkontribusi pada peningkatan iPhone," ujar Fieldhack.

Selanjutnya, posisi ketiga diduduki oleh Xiaomi dengan pangsa pasar 14 persen. Kemudian, posisi keempat dan kelima secara berurutan diduduki oleh Oppo (8 persen) dan Vivo (7 persen).

Berikut ini daftar lima besar vendor ponsel global untuk kuartal I-2024 versi Counterpoint Research:

5 besar vendor ponsel global versi Counterpoint Research

  1. Samsung - 20 persen
  2. Apple - 17 persen
  3. Xiaomi - 14 persen
  4. Oppo - 8 persen
  5. Vivo - 7 persen

Pangsa pasar smartphone global pada kuartal pertama 2024. Bagian paling atas menunjukkan pangsa pasar pendapatan, bagian tengah menunjukkan harga jual rata-rata, dan bagian bawah menunjukkan pangsa pasar pengiriman atau shipment.Counterpoint Research Pangsa pasar smartphone global pada kuartal pertama 2024. Bagian paling atas menunjukkan pangsa pasar pendapatan, bagian tengah menunjukkan harga jual rata-rata, dan bagian bawah menunjukkan pangsa pasar pengiriman atau shipment.

Pangsa pasar Xiaomi meningkat dari 13 persen di Q4 2023 menjadi 14 persen di Q1 2024. Menurut gambar di atas, Oppo juga mengalami peningkatan dari 7 persen menjadi 8 persen, sedangkan vendor Vivo stagnan di 7 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com