Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan AMD, Samsung Pakai GPU Buatan Sendiri di Exynos 2600?

Kompas.com - 06/05/2024, 18:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber VideoCardz

KOMPAS.com - Samsung menjalin kerja sama dengan AMD untuk menggunakan GPU Xclipse di sejumlah system-on-chip Exynos, termasuk Exynos 2400 yang menjadi dapur pacu ponsel flagship Galaxy S24 dan Galaxy S24 Plus.

Namun, belakangan dikabarkan bahwa Samsung tidak akan lagi memakai GPU Xclipse dari AMD di SoC kelas atas berikutnya, Exynos 2600. Alih-alih GPU AMD, Samsung disinyalir bakal menanam pengolah grafis buatan sendiri di SoC itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh pembocor Roland Quandt. Menurut dia, penerus Exynos 2400 masih akan menggunakaan GPU AMD.

Baca juga: Exynos 2400 Ternyata Kalahkan Snapdragon 8 Gen 3 Dalam Uji Gaming Ini

"Setelah itu, pada 2026, Samsung sepertinya berencana merilis SoC flagship next-gen yang dibekali GPU buatannya sendiri," kicau Quandt di X (dahulu Twitter), akhir pekan lalu.

Sebelumnya, pada 2023, memang sempat muncul kabar bahwa Samsung akan mengakhiri kerja sama dengan AMD dan mulai membuat GPU sendiri.

GPU itu kemungkinan bakal dikembangkan dari arsitektur RDNA AMD, seperti yang dilakukan oleh Qualcomm dengan Adreno (namanya merupakan anagram dari "Radeon", GPU AMD), namun untuk saat ini masih belum banyak informasi yang diketahui.

Samsung sendiri diprediksi masih akan menggunakan GPU AMD (berbasis RDNA 3.5 atau RDNA 4) di SoC Exynos 2500 yang merupakan penerus langsung dari Exynos 2400.

Exynos 2500 diduga akan hadir di ponsel flagship Galaxy S25 dan S25 Plus pada 2025. Sementara, Exynos 2600 yang menggunakan GPU buatan Samsung baru akan datang di tahun berikutnya di Galaxy S26 dan S26 Plus.

Baca juga: Samsung Umumkan Exynos 2200, SoC Pertama Samsung dengan GPU AMD

Sebelumnya, Samsung sudah menanamkan GPU buatan AMD di sejumlah Soc, dimulai dari Exynos 2200 pada 2022, kemudian berlanjut ke Exynos 2400 dan Exynos 1480.

Pada April 2023, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Videocardz, Senin (6/5/2024), Samsung mengumumkan perpanjangan kemitraan lisensi GPU dengan AMD untuk SoC Exynos.

Tak diketahui berapa lama jangka waktu kemitraan tersebut. Yang jelas, Samsung dan AMD pertama kali meneken perjanjian kerja sama pada 2019. Jika sudah berakhir, Samsung bisa jadi akan benar-benar beralih memakai GPU buatan sendiri untuk Exynos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com