Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IBM Usung Teknologi Baru yang Hemat Energi

Kompas.com - 23/04/2009, 20:18 WIB

JAKARTA , KOMPAS.com- IBM meluncuran produk baru yang dapat mengatasi tantangan utama di pusat data, yaitu biaya listrik tinggi dan pengelolaan teknologi informasi yang optimal seperti penggunaan prosesor yang menganggur atau tidak digunakan secara optimal. Produk tersebut dapat mengurangi biaya energi hingga 93 persen.

Demikian diungkap Fetra Syahbana, Country Manager System & Technology Group IBM Indonesia saat konferensi pers Peluncuran Produk Baru IBM di Jakarta, Kamis (23/4).

"Keadaan bisnis saat ini memaksa para profesional TI di setiap industri untuk mengonsolidasikan, menvirtualisasikan, dan mendukung berbagai jenis platform, bauran sistem operasi, perangkat keras, middleware dan aplikasi. Dan sebagian besar perusahaan tidak dapat menemukan satu solusi yang dapat mengatasi semua masalah yang mereka hadapi," jelas Fetra.

Produk baru terserbut adalah teknologi iDataPlex, blade, rak x86 System x, dan piranti lunak pengelolaan generasi baru untuk menciptakan infrastruktur yang dinamis, terjangkau dan mudah dikelola.

Ferta juga menjelaskan bahwa produk andalan IBM tahun ini mempunyai performa komputasi mencapai dua kali lipat lebih tinggi dan dapat mendukung lebih banyak memori, penyimpanan dan I/O agar memudahkan pelanggan bertransisi ke sumber daya komputasi yang tervirtualisasi dan sangat efisien. Server rak dan Blade System x unggul di industri dengan opsi memori 96GB hingga 1TB.

Ketiga produk unggulan yang menopang Teknologi System x generasi terbaru prosesor Intel Xeon Seri 5500 adalah IBM BladeCenter HS22, IBM System x3650 M2 dan x3550 M2, IBM System x iDataPlex dx36 0 M2.

IBM BladeCenter HS22 merupakan server yang efisien dan dirancang untuk menjalankan berbagai jenis beban kerja. Salah satu fitur unggulan HS22 ini adalah memorinya yang tiga kali lebih besar dari model sebelumnya, sehingga memungkinkan HS22 untuk mem proses transaksi dua kali lipat lebih banyak per menitnya.

Bahkan, pelanggan dapat mencapai rasio pengkonsolidasian 11-banding-1 ketika memigrasikan server-server rak dan blade yang lama ke server blade HS22, selain menghemat biaya energi lebih dari 93 persen.

Selain itu, dua storage bay internalnya yang berkemampuan hot-swap menawarkan pilihan SAS, SATA, atau solid state option. HS22 juga menawarkan kehandalan terbaik di kelasnya dan kompatibel dengan semua BladeCenter kelas enterprise dan office chassis, melindungi investsai pelanggan di BladeCenter.

Kedua, IBM System x3650 M2 dan x3550 M2. Produk ini dibangun dengan desain energi pintar yang baru untuk menyederhanakan pendistribusian daya dan mengurangi energi yang hilang, server-server kelas enterprise dengan socket ganda ini dapat mengurangi listrik yang digunakan, dan dilengkapi power supply yang sangat hemat biaya dengan standar di atas 80 Plus Gold, kipas angin dapat berputar berlawanan arah, altimeter, dan pengelolaan daya canggih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com