Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Home Food Photography (5)

"Foodie Blogger", Saatnya Unjuk Gigi

Kompas.com - 20/09/2011, 09:36 WIB

KOMPAS.com - Para blogger yang menulis mengenai makanan dan semata makanan melulu saja, itulah food blogger atau versi imutnya "foodie blogger". Mengapa topik ini menjadi bagian dari artikel ini? Semata karena kegiatan blogging-lah yang membuat kami memiliki tempat untuk berinteraksi, belajar, berkarya, dan di ranah blog pula kami berempat dipertemukan.

Melalui blogging kami mengenal banyak para food writer, food photographer, food stylist, baik amatir maupun profesional di seluruh dunia. Kegiatan blogging-lah yang membawa dunia food photography ke arah yang lebih serius dengan cara yang lebih mudah.

Untuk para food blogger, kegiatan blogging sama penting dan seriusnya dengan bernafas. Setiap post dibuat sedemikian rupa sehingga pengunjung blog seperti membaca majalah kuliner indah nan padat bergizi. Membuat sebuah post pun bukan pekerjaan beberapa jam atau satu hari saja. Proses memotret makanan yang panjang itu, masih harus ditambah lagi dengan keharusan menulis, mem-format, meng-upload foto, dan akhirnya memublikasikan. Panjang deh, pokoknya :)

Tips menjadi Foodie Blogger

Kami tidak akan membahas detail bagaimana langkah-langkah teknis membuat blog. Intinya, Anda menggunakan layanan dari provider blog untuk membuat sebuah website yang dapat dengan mudah diperbaharui setiap waktu. Di sini kami akan memberikan poin-poin yang cukup krusial untuk menghasilkan dan memelihara blog dengan sukses.

1. Konsep

Sebuah blog yang sukses harus memiliki sebuah konsep. Konsep ini tentunya sesuai dengan tujuan anda membuat blog. Sebagai jurnal? Kumpulan artikel dan resep? Showcase jualan anda? Atau semuanya?

2. Konten

Untuk permulaan, jangan pusing dulu dengan urusan desain, perkaya dulu konten anda. Karena untuk sebuah blog atau website yang bermutu, konten adalah segalanya. Pilihlah desain awal yang standar saja, lalu mulailah membuat post secara rutin. Desain web dapat anda ubah kapan pun. Namun konten yang bermutu terbangun dari kedisiplinan mengumpulkan materi dan menyusunnya satu demi satu.

Gunakan panduan ini untuk menyusun post-post Anda:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com