Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Printer Siap Beralih dari Tinta ke Laser

Kompas.com - 08/02/2012, 14:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren penggunaan printer di tanah air kini sudah mulai beralih dari printer tinta (inkjet) menjadi printer laser.

Penggunaan tren printer laser ini pun sudah mulai digunakan di segmen pasar usaha kecil menengah (UKM).

Mengutip data dari IDC, pasar printer laser di Indonesia di tahun ini diprediksi naik 17,09 persen dari 208.428 unit menjadi 244.041 unit.

Sedangkan pasar printer inkjet diperkirakan hanya akan naik 4,89 persen dari 2.201.081 unit menjadi 2.308.688 unit.

"Bahkan pasar printer laser diprediksi tumbuh 3,5 kali lebih cepat dibandingkan pasar printer inkjet," kata Marketing Manager ASEAN Fuji Xerox Printer Channel Jolene Yeo dalam Media Gathering Fuji Xerox di The Energy Building, Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Tiga Faktor

Pertumbuhan printer laser yang pesat dari segmen UKM ini disebabkan oleh tiga faktor yaitu biaya, performa dan kecepatan dari pencetakan.

Selama ini, pengguna terutama masyarakat Indonesia hanya berpikir jangka pendek dalam membeli printer terutama masalah harga.

Padahal jika dilihat dari segi biaya kepemilikan printer total, pengguna, terutama UKM di tanah air bisa mengurangi biaya mencetak hingga 60 persen.

Sebuah contoh dari Fuji Xerox, pengguna printer inkjet akan menghabiskan biaya 3.709 dollar AS setahun dibanding 1.607 dollar AS setahun untuk pengguna laser.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com