Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] - Pengguna WhatsApp Kini Bisa Kirim Foto Kualitas HD | Bocoran iPhone SE 4, Bentuk Mirip iPhone 14

Peluncuran fitur baru WhatsApp ini menjadi salah satu berita teknologi populer di KompasTekno.

Berita teknologi lain yang juga cukup banyak dibaca adalah peluncuran HP murah dari Nokia, yakni Nokia G310 5G dan C210. Kedua ponsel itu dijual dengan rentang harga sekitar Rp 1 juta hingga 2 jutaan di Amerika Serikat (AS).

Selain itu, bocoran spesifikasi dan tampilan iPhone SE 4 juga menjadi berita teknologi lain yang banyak dibaca. Menurut informasi yang beredar, iPhone SE 4 bakal memiliki desain serupa iPhone X.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Fitur kirim foto berkualitas HD akhirnya resmi dirlis WhatsApp. Fitur ini sebelumnya sudah diuji coba ke sebagian pengguna.

Peluncuran fitur ini disampaikan langsung oleh Mark Zuckerberg, CEO Meta, induk perusahaan WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

"Fitur berbagi foto di WhatsApp baru saja diperbarui, kini pengguna bisa mengirimkan foto dengan kualitas HD," tulis pria yang akrab disapa Zuck tersebut.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim foto kualitas HD dengan resolusi maksimal resolusi 2304 x 4096. Selengkapnya bisa disimak di artikel "Resmi, Pengguna WhatsApp Kini Bisa Kirim Foto Kualitas HD".

HMD Global, pemegang lisensi resmi smartphone Nokia, meluncurkan dua perangkat barunya, yakni Nokia G310 5G dan Nokia C210.

Kedua perangkat sama-sama dirilis di pasar Amerika Serikat (AS). Di AS, harga Nokia G310 5G dan Nokia C210 dibanderol di bawah 200 dollar AS atau sekitar Rp 1 juta-2 jutaan.

Di antara keduanya, Nokia G310 5G mengusung spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Nokia C210. Nokia G310 memiliki layar, konfigurasi kamera, dan RAM serta storage lebih besar dibanding Nokia C210.

Spesifikasi masing-masing model bisa disimak di artikel "HP Murah Nokia G310 5G dan C210 Meluncur, Harga Rp 1 Juta - Rp 2 Jutaan".

Apple terbukti bersalah, bayar Rp 1 juta ke pemilik iPhone lemot

Apple akhirnya mulai membayar denda senilai 500 juta dollar AS (sekitar Rp 7,6 triliun), kepada tiga juta pengguna iPhone lawas, yang ikut dalam gugatan kelompok (class action) tahun 2020.

Diperkirakan, masing-masing penggugat akan menerima kompensasi sebesar 65 dollar AS (sekitar Rp 1 juta).

Denda ini dijatuhkan karena Apple terbukti memperlambat kinerja beberapa iPhone model lama. Gugatan ini diajukan setelah Apple mengakui hal tersebut pada tahun 2017.

Sebenarnya, kasus ini sudah nyaris selesai pada Maret 2020. Namun, prosesnya jadi terhambat karena dua pemilik iPhone yang terlibat dalam gugatan itu, merasa keberatan dengan ketentuan penyelesaian.

Kini, kasus itu mendekati babak final setelah hakim memerintahkan Apple untuk melanjutkan proses pembayaran denda kepada penggugat.

Selengkapnya bisa disimak di artikel "Apple Terbukti Bersalah dan Mulai Bayar Rp 1 Juta untuk Pemilik iPhone Lemot".

Laptop Advan WorkPro resmi

Vendor laptop lokal, Advan, merilis laptop terbarunya yakni Advan WorkPro, pada Senin (15/8/2023). Laptop ini mengunggulkan aspek desain yang ringkas dan prosesor Intel Core i5, untuk menyokong produktivitas pengguna.

Advan WorkPro dibekali layar dengan panel IPS 14 inci. Layar ini memiliki resolusi Full HD (1.920 x 1.200 piksel), dan rasio 16:10. Bagian bezel atau pinggirannya tampak tipis.

Advan WorkPro dibekali sebuah webcam di bagian depan. Namun, Advan tidak merinci berapa resolusi kamera tersebut. Laptop anyar ini memiliki ukuran ringkas dengan dimensi 311,6 x 217,8 x 16,8 mm dan bobot 1,2 kilogram.

Spesifikasi lengkapnya bisa disimak di artikel "Laptop Advan WorkPro Resmi dengan Intel Core i5, Ini Harganya".

Bocoran iPhone SE 4, mirip iPhone 14

Selain iPhone 15, Apple kabarnya juga menyiapkan iPhone 4 SE atau Special Edition. iPhone "murah" digadang sebagai penerus iPhone SE 3 yang dirilis tahun lalu.

Bocoran iPhone SE 4 pun sudah banyak beredar di internet. Salah satunya dibagikan oleh tipster dengan username @Unknownz21 di X (dulu Twitter).

Ia mengumbar bahwa bentuk iPhone SE 4 dirancang mirip iPhone 14. Pernyataan ini sejalan dengan yang pernah diungkapkan analis ternama Ming-Chi Kuo pada awal tahun ini.

Saat itu, Kuo berkata bahwa iPhone SE 4 bakal tampil dengan layar 6,1 inci dan menjadi iPhone pertama yang memakai chip modem 5G bikinan Apple sendiri.

Selain aspek desain, Unknownz21 juga berkata bahwa iPhone SE 4 tidak akan mengusung fitur Touch ID, melainkan Face ID seperti di iPhone X.

Bocoran selengkapnya bisa disimak di artikel "Bocoran iPhone SE 4, Layar Mirip iPhone X dan Hanya Punya Satu Kamera Belakang".

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/19/07000057/-populer-tekno-pengguna-whatsapp-kini-bisa-kirim-foto-kualitas-hd-bocoran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke