Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan iPad Pro Diprotes Warganet, Apple Minta Maaf

Kompas.com - Diperbarui 13/05/2024, 08:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Apple meminta maaf setelah iklan iPad Pro yag belum lama ini dirilis, dibanjiri kritikan dari warganet dan komunitas seniman.

Iklan video bertajuk "Crush!" (menghancurkan) tersebut diunggah di akun YouTube Apple, dan akun media sosial X (dahulu Twitter) CEO Apple Tim Cook pada 7 Mei 2024.

Video berdurasi 1 menit 8 detik itu menampilkan sebuah hydraulic press besar menghancurkan alat-alat kreatif seperti piano, drum, gitar, dan kamera. Kemudian, alat-alat yang hancur itu disulap menjadi sebuah tablet iPad Pro.

Video tersebut dikatakan menjadi iklan terburuk Apple, karena menunjukkan penghancuran alat kreatif dan usaha manusia dalam berkarya.

Sejumlah pelaku industri kreatif dan warganet mengkritik iklan iPad Pro. Salah satunya adalah aktor asal Inggris, Hugh Grant.

Baca juga: Apple Rilis Magic Keyboard Baru, Lebih Tipis dan Ringan

Dalam postingnya di X Twitter, aktor film Love Actually dan Dungeons & Dragons: Honour Among Thieves ini mengatakan bahwa iklan iPad Pro menghancurkan pengalaman manusia.

"(Iklan ini menunjukkan) kehancuran pengalaman manusia. (Dibuat) atas izin Silicon Valley (tempat di Amerika Serikat yang dikonsentrasikan untuk pengembangan inovasi dan teknologi)," tulisnya dalam akun dengan handle @HackedOffHugh.

Komposer musik game Kingdom Hearts dan Super Mario RPG, Yoko Shimomura, mengatakan hal serupa. Ia mengatakan bahwa melihat alat musik piano yang dihancurkan, sama saja dengan menghancurkan hatinya.

Tor Myhren selaku Vice President of Marketing Apple, mengakui bahwa video promosi yang memperkenalkan iPad Pro 2024 itu memang salah dan tidak tepat sasaran.

"Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan para pelaku kreatif di seluruh dunia," kata Myhren kepada media berita Ad Age.

Baca juga: iPad Pro 2024 Meluncur, Tablet Apple Paling Tipis dan Pakai Chip M4

"Tujuan kami selalu untuk merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dalam video ini, dan kami meminta maaf," imbuh Myhren.

Apple pun mengonfirmasi bahwa iklan iPad Pro tersebut tidak akan ditayangkan di televisi, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (11/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com