Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TikTok Notes, Inikah Aplikasi "Pembunuh" Instagram?

TikTok sendiri sebenarnya sudah memiliki fitur berbagi foto, yang bisa diakses dengan mengetuk ikon "Plus" dan "Photo" di aplikasi tersebut. Bedanya, TikTok Notes bakal didedikasikan untuk posting foto dan bukan video.

Kehadiran TikTok Notes ini telah dikonfirmasi oleh TikTok, sebagaimana dilaporkan Tech Crucnh. TikTok mengatakan, aplikasi TikTok Notes akan menjadi bagian dari komitmen TikTok untuk berinovasi.

"Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan kami untuk berinovasi dalam pengalaman TikTok, kami mencari cara untuk memberdayakan komunitas kami, untuk berkreasi dengan foto dan teks di ruang yang didedikasikan untuk format tersebut," kata juru bicara TikTok kepada TechCrunch.

TechCrunch juga telah menemukan tautan situs yang dimiliki TikTok dengan alamat photos.tiktok.com. Situs ini sudah dihapus, tetapi masih bisa diakses dengan memanfaatkan situs Internet Archive.

Pengguna juga bisa melihat deretan foto di atasnya, yang dibubuhi dengan teks (caption) dan emotikon. Dengan kata lain, besar kemungkinan pengguna dapat menaruh caption pada foto yang diunggah di TikTok Notes.

Beberapa pengguna juga dikabarkan sudah mendapatkan notifikasi soal kehadiran aplikasi TikTok Notes.

Salah satu pengguna "beruntung" tersebut adalah Alex Friedman. Ia membagikan kehadiran fitur itu lewat media sosial X (dahulu Twitter).

Jika tidak ingin membagikan fotonya di TikTok Notes, pengguna bisa menonaktifkan fitur sinkronisasi foto itu.

Pemberitahuan tersebut juga mengonfirmasi bahwa TikTok Notes akan segera diluncurkan, tetapi tanggal perilisannya tidak dirincikan.

Berubah nama

Bulan lalu, blog yang kerap mengulas informasi seputar sistem operasi (OS) Android, yaitu TheSpAndroid, menemukan baris kode di file APK TikTok versi 33.8.4. File APK merupakan format file yang bisa diinstal di perangkat Android.

Baris kode ini berisi referensi dan ikon ke aplikasi baru bernama TikTok Photos. TikTok Photos disebut sebagai platform berbagi foto terbaru yang membantu kreator menjangkau orang-orang dengan minat yang sama.

Jika melihat dari penjelasan sebelumnya, tampaknya TikTok telah mengganti nama aplikasi terbarunya dari TikTok Photos menjadi TikTok Notes, sebagaimana dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (16/4/2024).

Aplikasi ini kemungkinan bisa menjadi pesaing Instagram, terutama karena TikTok Notes tidak usah repot mencari basis pengguna.

Dengan sinkronisasi foto yang sebelumnya sudah disebutkan, pengguna TikTok Notes tidak usah mengunggah ulang koleksi fotonya.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/12/09000097/tiktok-notes-inikah-aplikasi-pembunuh-instagram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke