Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos TikTok Tampil Glamor di Met Gala 2024, Jadi "Tuan Rumah Kehormatan" di Tengah Ancaman Pemblokiran

Kompas.com - 07/05/2024, 14:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu acara sosial paling terkenal dan ekslusif di industri mode, Met Gala 2024, resmi digelar di Metropolitan Museum of Art, New York, AS, Senin (6/5/2024) waktu setempat.

Acara tahunan ini dihadiri oleh deretan selebritas dan orang-orang berpengaruh di dunia. Para tamu Met Gala biasanya berjalan di karpet merah (red carpet) Met Gala 2024 mengenakan busana koleksi terbaru dari rumah mode dunia atau menggunakan busana unik yang out of the box.

Salah satu tamu yang ditunggu-tunggu kehadirannya adalah CEO TikTok Shou Chew. Chew terlihat tampil glamor dan semringah di red carpet Met Gala 2024. Bos TikTok ini menghadiri Met Gala 2024 bersama istrinya, Vivian Kao.

Dari foto yang beredar di internet, Chew terlihat mengenakan setelan tuksedo dari Ralph Lauren, dengan estimasi harga sekitar 6.000 dollar AS (sekitar Rp 96,3 juta). Sementara istirnya, Vivian terlihat mengenakan gaun dari koleksi Altuzarra Fall 2023 Ready-to-Wear.

Baca juga: Mengenal Shou Chew, CEO TikTok yang Pernah Latihan Bertahan Hidup di Hutan Kalimantan

Shou Chew menjadi sorotan karena TikTok tengah menghadapi ancaman pemblokiran dari pemerintah AS. Sekitar dua minggu lalu, Presiden Joe Biden mengesahkan dan menandatangani undang-undang "pelarangan TikTok" di AS.

UU tersebut mengharuskan ByteDance (induk TikTok yang berbasis di China) menjual TikTok ke perusahaan non-China maksimal satu tahun ke depan. Jika tidak patuh, TikTok akan diblokir di AS.

Shou Chew disebut tidak muncul ke publik atau melakukan wawancara tatap muka semenjak UU pelarangan TikTok itu disahkan. Jadi, kehadirannya di red carpet Met Gala 2024 ini merupakan penampilan pertama Chew di mata publik sejak undang-undang "pelarangan TikTok" disahkan.

Jadi tuan rumah "kehormatan" Met Gala

Penampilan CEO TikTok Shoue Chew dan istrinya, Vivian Kao di Met Gala 2022 dan Met Gala 2024.Vogue Penampilan CEO TikTok Shoue Chew dan istrinya, Vivian Kao di Met Gala 2022 dan Met Gala 2024.
Ini bukan pertama kalinya Chew menghadiri Met Gala. Chew juga pernah hadir di Met Gala 2022. Para pemimpin teknologi lainnya juga pernah hadir, sebut saja seperti CEO Instagram Adam Mosseri dan CEO Tesla Elon Musk.

Namun, yang membuat kehadiran Chew istimewa adalah karena Chew didapuk sebagai honorary co-chairs Met Gala 2024.

Peran co-chairs ini adalah menjadi tuan rumah Met Gala, sekaligus memublikasikan gelaran ini dan menjadi representatif.

Tahun ini, co-chairs Met Gala 2024 meliputi Anna Wintour, Zendaya, Jennifer Lopez, Chris Hemsworth, dan Bad Bunny. Sementara, Chew didapuk sebagai honorary co-chairs alias tuan rumah kehormatan karena TikTok mensponsori Met Gala 2024.

Ini menandai pertama kalinya seorang bos media sosial menyandang gelar tersebut di pesta tahunan bergengsi di industri mode.

Baca juga: CEO TikTok Dicecar DPR AS Selama 5 Jam

Pemilihan co-chairs Met Gala ini tak lepas keputusan Ann Wintour selaku direktur editorial global Condé Nast, pemimpin redaksi Vogue, sekaligus "tuan rumah tetap" Met Gala.

Wintour dilaporkan mengambil keputusan akhir atas setiap undangan yang dikirim dan memilih sendiri co-chairs. Adapun co-chairs yang dipilih Wintour biasanya orang-orang yang dianggapnya paling relevan secara budaya pada saat itu.

Untuk kasus Shou Chew, bos TikTok ini tampaknya dipilih karena TikTok telah menjadi bagian besar dari budaya dan bisnis, sebagaimana dihimpun KompaTekno dari Entrepreneur, Selasa (7/5/2024).

Per Januari 2024, TikTok diestimasikan memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna aktif bulanan. Amerika Serikat menjadi basis pengguna terbanyak TikTok mencapai 170 juta pengguna.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Vogue (@voguemagazine)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com