Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pansus Orang Hilang Segera Minta Keterangan Korban

Kompas.com - 20/10/2008, 17:18 WIB

JAKARTA, SENIN - Pansus Penanganan Pembahasan Atas Hasil Penyelidikan Penghilangan Orang Secara Paksa tahun 1997-1998 (Pansu Orang Hilang) telah menetapkan jadwal untuk memanggil pihak terkait. Hal tersebut dikatakan Ketua Pansus Effendi MS Simbolon di Gedung DPR/MPR Jakarta, Senin (20/10).

Ia menjelaskan pada Rabu (22/10) Pansus akan bertemu dengan para korban dan keluarganya, Kontras, dan YLBHI. Pada 23 Oktober, Pansus bertemu dengan para korban dan keluarganya, Ikatan Keluarga Orang hilang (IkohI), dan Imparsial.

Berdasarkan rapat Pansus pekan lalu, empat pihak akan dipanggil ke DPR untuk dimintai keterangan. Yakni institusi yang menangani masalah HAM, korban dan keluarganya didampingi lembaga yang menangani orang hilang, pihak yang diduga sebagai pelaku, serta pemerintah.

Pansus pada masa reses DPR RI akan tetap bekerja, bahkan melakukan kunjungan ke keluarga korban dan komnas HAM. Namun Pansus hanya akan mendasarkan kerjanya pada rekomendasi komnas HAM.

DPR membentuk Pansus ini tahun 2005 dan semula dipimpin Panda Nababan dari PDIP. Effendi Simbolon membantah, pembentukan Pansus ini bertendesi politis terkait Pemilu 2009. Pansus, ujarnya, bekerja berdasarkan rekomendasi Komnas HAM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com