Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Akan Uji Sirine Tsunami

Kompas.com - 31/10/2008, 17:38 WIB

JAKARTA, JUMAT - Presiden Susilo Bambang Yudhyono direncanakan menguji coba sirine peringatan dini tsunami di enam provisi, tanggal 11 November mendatang. Uji coba ini sekaligus upaya untuk mengecek kesiapan provinsi menghadapi tsunami.

Enam provinsi yang mempunyai sirine tanda bahaya itu adalah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Bali, Banten, Bengkulu, dan Cilacap. Di Sumatera Barat, rangkaian acara uji coba sirine itu juga akan diikuti dengan teleconference tentang kesiapan penanggulangan bencana, antara Presiden dan Gubernur Sumatera Barat.

"Sumatera Barat mempunyai enam sirine tanda bahaya. Dari enam sirine itu, lima diantaranya berfungsi baik sedangkan satu sirine rusak. Selain sirine itu, kami juga berupaya menyebarluaskan peringatan dini lewat pengeras suara yang ada di masjid-masjid," ujar Manajer Pusat Pengendalian Operasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Sumatera Barat, usai rapat koordinasi persiapan acara tersebut di tingkat Pemprov Sumbar, Jumat (31/10).

Sirine uji coba akan dibunyikan tanggal 11 November 2008, pukul 11.00-12.00. Pemda tengah menyosialisasikan agar warga setempat tidak mengambil tindakan apapun ketika mendengar sirine saat uji coba itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com