Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kewirausahaan Membutuhkan Niat dan Motivasi

Kompas.com - 10/12/2008, 20:23 WIB

BANDUNG, RABU - Modal terpenting untuk berwirausaha adalah motivasi dan niat. Demikian disampaikan Dony Abdul Chalid, Manajer LiveWIRE-Shell Indonesia, dalam "Brights Ideas Workshop", Rabu (10/12) di Aula Ikatan Al umni Universitas Padjadjaran.

LiveWIRE adalah program menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan yang diadakan Social Investment (lembaga pertanggungjawaban sosial) Shell Indonesia. Kegiatan macam ini, selama 2009, telah dilakukan di 20 perguruan tinggi di berbagai daerah.

Dony mengatakan, selama ini, mahasiswa pada umumnya belum bisa keluar dari zona kenyamanan sehari-hari, yaitu rutinitas kuliah. Belum berani berisiko untuk memulai usahanya.  

"Belum lagi, soal persepsi lingkungan dimana orangtua lebih menginginkan anaknya menjadi pegawai dan minim resiko," ucapnya. Kegiatan ini diikuti sekitar 130 mahasiswa.

PT Sheel Indonesia, melalui program LiveWIRE ini juga telah memberikan penghargaan kepada sembilan pengusaha muda baru. Mereka dianggap sukses merintis usahanya meski baru dimulai 2 bulan 3 tahun.

Bidang yang digeluti bervariasi mulai dari pengolahan minyak atsiri, essence oil, hingga kepiting cangkang. Kepada mereka diberikan bantuan senilai Rp 20 juta masing-masingnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com