Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser Safari 4 Beta Makin Kencang!

Kompas.com - 25/02/2009, 17:01 WIB

WASHINGTON, RABU — Apple mengklaim Safari 4 Beta, browser web versi terbarunya jauh lebih andal dan makin kencang. Selain dilengkapi lebih dari 150 fitur yang hampir semuanya baru, browser web ini juga diklaim mengeksekusi halaman web lebih cepat.

Peluncuran itu diumumkan oleh Apple, Selasa (24/2). Secara teknis, Safari 4 Beta dirasakan cukup mewakili sebuah lompatan besar melebihi browser versi sebelumnya.

Membangun fondasi speed, misalnya, pihak Apple menuturkan, agenda di balik layar yang sebenarnya telah mereka siapkan di sini adalah Nitro Engine, yaitu mesin JavaScript supercepat yang diklaim akan mengeksekusi JavaScript hingga 30 kali lebih cepat ketimbang Internet Explorer 7. Bahkan, tiga kali lebih cepat daripada Firefox 3.

Di luar soal mesin JavaScript, Safari 4 Beta pun dianggap sangat cepat untuk melakukan loading halaman. Meskipun waktu loading di beberapa jaringan terbilang cukup cepat, Safari 4 Beta ini mereka klaim lebih kuat dan cepat ketimbang yang lain.

Selain itu, Safari 4 Beta pun dilengkapi dengan katup teknologi situs web seperti halnya HTML 5, yang memungkinkan pengguna lebih mudah memasukkan audio dan video ke dalam situs. Belum lagi beberapa aplikasi Offline.

Support yang mendukung pengguna bisa membuat aplikasi web tanpa harus memiliki koneksi internet. Plus, hadirnya CSS yang memungkinkan pengguna membuat animasi tanpa perlu adanya Flash atau kode-kode lain yang lebih rumit.

Fitur-fitur lain lebih pada kenyamanan pengunjung web untuk berselancar seperti Cover Flow yang menampilkan history halaman yang pernah dikunjungi dalam bentuk tampilan utuh dan dapat digeser. Juga Top Sites yang menampilkan halaman yang paling sering dikunjungi dalam satu layar. Mau coba, silakan download di www.apple.com/safari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com