Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Preview Lenovo ThinkPad T400s: Layar Lebar, Bodi Tipis, Bobot Enteng

Kompas.com - 27/07/2009, 09:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Notebook tipis nan ringan mulai mewabah. Gaya yang tadinya menjadi kebanggaan MacBook Air itu juga diusung oleh Dell (Adamo) dan MSI (Slim X-340). Lenovo pun tak mau ketinggalan menawarkan notebook yang berketebalan hanya 2,1cm. “Tertipis di seri T,” kata Azis Wonosari (Business Development & Technical Manager, Lenovo Indonesia) tentang ThinkPad terbarunya itu.

Biasanya, agar tidak kepanasan, notebook tipis mengandalkan prosesor ultra low voltage. Namun Lenovo ThinkPad T400s menggunakan prosesor tipe biasa, Intel Core 2 Duo (dua tipe: SP9400 dan SP9600, keduanya dilengkapi cache 6MB, masing-masing dengan kecepatan 2,4GHz dan 2,53GHz). Kendati demikian, badan notebook saat kami pegang di Jakarta tidak meruapkan hawa panas yang berlebihan. Padahal lubang ventilasi terlihat hanya ada di sisi kiri unit.

Yang juga menggembirakan - khususnya bagi profesional yang menjadi target notebook model baru ini - adalah bobot ThinkPad T400s. “Cuma 1,77kg, padahal layar LED-nya yang hemat energi dan ramah lingkungan itu lebar, 14 inci, “papar Azis Wonosari bangga. Layar berteknologi LED itu beresolusi 1440x900.

Unit yang tipis, ringan, tetapi berlayar lebar pada notebook berpenampilan konservatif dengan warna hitam doff ini diyakini Azis dapat menarik minat para profesional, khususnya mereka yang sering mobile.

Lengkap

Apalagi fasilitas T400s lengkap, layaknya notebook masa kini. Sebuah DVD multi yang tipis terpasang di sisi kanan badannya. Webcam 2 megapixel yang ditemani sepasang mikropon full-array juga tetap tampak menghiasi bagian atas panel LCD.

Tiga port USB - salah satunya merangkap sebagai eSATA - tersedia. Begitu pula port LAN, dan port VGA-out, serta jack combo mike-in/audio-out. Slot card reader 5-in-1 dan ExpressCard tampak di sisi kiri unit. Namun yang ini, begitu jelas Azis, tergantung pesanan pengguna.

Sensor sidik jari (fingerprint reader) terpasang di panel kanan unit. “Fingerprint (reader) tidak hanya bisa dipakai untuk password masuk ke sistem, tetapi juga bisa untuk menyalakan komputer saat komputer dalam keadaan mati,” jelas Azis.

Ada Fitur Baru
Beberapa hal baru di notebook ini adalah tombol kecil di panel atas untuk membungkam (mute) mikropon. Ukuran tombol Escape dan Delete di sisi kiri dan kanan atas pun diperbesar. Demikian pula bidang touchpad yang permukaannya kini bertekstur. Touchpad multi-touch ini lebih besar 26% dibandingkan pada model lain.

Yang juga istimewa adalah keberadaan DisplayPort - selain VGA-out - untuk koneksi ke monitor eksternal. Dengan demikian dua monitor eksternal bisa dikoneksikan secara bersamaan ke notebook - satu dari port VGA-out dan satu dari DisplayPort.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com