Ditawari Foto Gratis Michael Jackson? Tolak Saja!

Kompas.com - 30/07/2009, 16:39 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Tiga minggu sudah berlalu sejak Michael Jackson meninggal dunia. Akan tetapi cerita-cerita tentang pelantun musik dunia ini masih saja bergulir. Bahkan ada video yang memperlihatkan penampakan Michael Jackson.

Spam dan malware pun memanfaatkan kesempatan ini untuk mengecoh pengguna Internet, khususnya fans berat Michael Jackson. Mereka yang ditawari foto gratis Michael Jackson dari e-mail di situs jaringan sosial terkenal haruslah waspada. Jangan tergoda untuk mengklik gambar di dalam pesan e-mail tersebut, sebab ini sesungguhnya adalah tautan program jahat yang oleh Symantec terdeteksi sebagai Trojan.Dropper.

Selain iming-iming foto gratis Michael Jackson, para spammer juga akan mencoba menggoda Anda dengan subjek berikut:
• Michael Jackson is not dead
• Michael Jackson seen alive
• Michael Jackson lives


Gemas dengan aksi spam seperti ini bukan? Namun, jangan sekali-kali merespon spam tersebut, begitu wanti-wanti Ronnie Ng (Manager, Systems Engineering, Symantec Singapore dan Indonesia). “Membalas spam akan membuat spammer tahu bahwa dia mendapatkan alamat e-mail yang aktif, dan membuat dia mengirim lebih banyak spam,” jelas Ronnie dalam rilis persnya.

Ronnie juga mengingatkan penerima spam untuk tidak mengklik tautan dalam e-mail spam yang menjanjikan untuk menghapus Anda dari daftar e-mail pengirim. Menurutnya, justru lebih baik langsung menghapus e-mail yang meragukan tanpa membacanya sama sekali.

Agar aman, disarankan untuk menggunakan solusi keamanan all-in-one untuk melindungi komputer dari spam dan virus, dan berhati-hati dalam mencantumkan nama e-mail di situs-situs (forum, jaringan sosial) yang bisa diakses umum, plus miliki beberapa alamat e-mail untuk tujuan yang berbeda-beda. Misalnya satu untuk milis dan newsletter, dan satu lainnya untuk pembelian online, dan satu lagi untuk keperluan pribadi.

Ronnie juga menyarankan untuk tidak meneruskan e-mail berantai yang sebenarnya juga termasuk spam karena tidak tidak diharapkan, mengganggu, dan membuat macet server e-mail.



Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X