Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dumai Express Tanggung Biaya Para Korban

Kompas.com - 23/11/2009, 22:44 WIB

DUMAI, KOMPAS.com - Pihak perusahaan pelayaran Dumai Express menyatakan akan menanggung semua biaya perjalanan penumpang kapal Dumai Express 10 yang menjadi korban dalam peristiwa tenggelamnya fery tersebut.

Bagi korban yang selamat akan diantar menggunakan bus ke kota tujuan masing-masing, sedangkan mereka yang telah menjadi jenazah akan diantarkan langsung sampai ke rumah duka.

"Sedikitnya kami telah menyediakan lima bus dan uang untuk biaya transportasi dari kota menuju rumah korban serta belasan mobil ambulans bagi korban," ujar Kepala Operasional Pelabuhan Dumai Express, Jailani, di Dumai, Riau, Senin (23/11).

Hingga Senin sore, penumpang yang menjadi korban tenggelamnya kapal Dumai Express 10 akan diberangkatkan dari Tanjung Balai Karimun pada Selasa pukul 05.00 WIB, berjumlah 165 orang dan 15 jenazah.

Dari Karimun menuju Pelabuhan Dumai, mereka akan dipisah dan dibawa tiga kapal yakni Dumai Express 01, 5, 8 dan satu di antara kapal tersebut khusus membawa jenazah yang berjumlah 15 orang.

"Jadi antara korban yang selamat dengan yang meninggal kapalnya kita pisahkan, dan kami berharap semuanya bisa tiba Selasa siang di Dumai," katanya.

Ketika sampai di Pelabuhan Dumai, para korban itu akan diberangkatkan menggunakan lima bus, tiga di antaranya ke Sumatra Utara dan dua ke Sumatra Barat, sedang yang berasal dari Riau akan menggunakan bus perusahaan.

Para jenazah juga akan dibawa dengan mobil ambulans dari Pelabuhan Dumai langsung menuju rumah duka, bahkan tempat pemakaman jika pihak keluarga mengizinkan.

"Pihak perusahaan juga akan memberikan sedikit uang duka bagi keluarga jenazah dan uang transpor bagi mereka yang selamat, sedangkan asuransi akan dibayarkan PT Jasa Raharja sesuai manifes penumpang," ujarnya.

Dalam manifes kapal Dumai Express 10 yang berkapasitas 254 kursi, tercatat 213 orang sebagai penumpang dan 13 orang nakhoda dan anak buah kapal, tapi ketika korban didata jumlah penumpang bertambah.

Meski belum ada data pasti mengenai jumlah penumpang, namun data sementara dari Posko Evakuasi di Tanjung Balai Karimun menyebutkan jumlah penumpang yang selamat dari tenggelamnya Dumai Express 10 sebanyak 255 orang, korban yang meninggal 27 orang dan 22 orang masih hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com