Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China "Bujuk" Google Lewat Data Pengguna Internet

Kompas.com - 20/01/2010, 09:06 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Tindakan melanggar hukum yang dilakukan Google di China dengan menghentikan sensor pada layanan search engine-nya sejak 12 Januari 2010 belum juga ditanggapi resmi Pemerintah China. Ancaman untuk hengkang jika tak boleh beroperasi tanpa sensor pun masih ditanggapi dingin. 

Di tengah protes dari Google tersebut, China justru mengumumkan kenaikan jumlah pengguna internetnya. Menurut data baru yang dilaporkan Senin (18/1/2010), pengguna internet di China akhir 2009 meningkat 30 persen dan saat ini mencapai 384 juta. Dengan data itu pula, belakangan Google menyatakan belum akan segera hengkang dari China dan akan melakukan diskusi dengan Pemerintah China dalam beberapa minggu ke depan.

Lewat pengumuman ini, tampaknya, China ingin memberikan sinyal ke Google bahwa negeri itu merupakan negara yang prospektif untuk berbisnis di dunia maya. Selama ini China memang negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Google juga sudah menguasai sekitar 30 persen pasar search engine di negara tersebut.

Selain itu, pejabat China juga mengeluarkan pernyataan lewat kantor berita resmi Xinhua bahwa portal terbesar di China, Baidu.com, juga mengalami serangan cyber seperti yang dituduhkan Google sebagai alasan protesnya Pernyataan ini ingin menegaskan, bukan cuma Google yang menjadi sasaran serangan itu tapi juga saingannya, Baidu. 

Apakah China masih belum rela jika Google merealisasikan rencananya untuk keluar dari negeri tersebut? Nah, kita tunggu saja apakah rayuan maut ala China itu akan membuat Google berubah pikiran. (KONTAN/Ahmad Febrian)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com