Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW dan Peugeot-Citroen Bikin 4 Mesin Baru

Kompas.com - 04/02/2010, 09:05 WIB

JERMAN, KOMPAS.com - Salah satu pabrikan mobil Jerman BMW menyatakan akan meneruskan kerjasama dengan pabrikan Perancis, PSA Peugeot-Citroen untuk memproduksi empat mesin baru. Kesepakatan kedua pihak telah ditandatangani oleh pimpinan masing-masing, yakni Norbert Reithofer dari BMW dan Philippe Varin (Peugeot Citroen).

Keempat mesin akan diproduksi berdasarkan standar komisi Uni Eropa dan berbahan bakar bensin. Dua dari empat mesin baru tersebut akan digunakan di produk MIMI cooper, Peugeot, dan Citroen.

"Kami selalu sukses menjalankan peran dalam kerjasama dengan mitra kerja, dan ini yang sebenarnya dengan pihak PSA. Kami bahagia bisa terus bekerjasama dalam menciptakan mesin dan terus melihat kerjasama lain ke depannya," ujar Reithofer, seperti dilansir autoevelution.com, (2/2/2010).

Sejak mulai kerjasama pada 2006, kedua pabrikan telah memproduksi 1,3 juta mesin secara bersama. "Saya cukup yakin generasi mesin berikutnya akan mencapai sukses serupa dengan kondisi sebelumnya," tambah Reithofer.

BMW dan grup PSA akan terus berkembang masuk ke sinergi pengembagan, produksi, peralatan untuk beberapa komponen. Pertengahan tahun lalu, keduanya dikabarkan sama-sama menciptakan platform MINI. Hasil tersebut, katanya juga akan digunakan pada salah satu produk mobil kecil milik PSA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com